Waspada Bencana di Musim Hujan, Pj. Bupati Sumedang: Keselamatan Warga Nomor Satu!

Rumah AMbruk 1
Pj Bupati Sumedang mengimbau warga agar waspada terhadap hujan

JatiNetwork.Com – Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman mengimbau warga masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana alam di musim hujan.

Imbauan ini disampaikannya saat meninjau lokasi longsor di Lingkungan Darangdan RT 06 RW 08 Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Selatan, pada hari Jumat (1/3/2024).

Longsor tersebut diakibatkan oleh derasnya air sungai yang menggerus satu rumah warga berikut satu warung.

“Kita ketahui bahwa Kabupaten Sumedang salah satu kabupaten rawan bencana, terutama bencana longsor, banjir, pergerakan tanah,” katanya.

“Bahkan sekarang ada juga potensi gempa dan puting beliung. Tidak usah khawatir, tetap tenang. Yang jelas warga harus tetap waspada,” tambah Pj. Bupati Herman.

Baca Juga:  Hadapi Lebaran 1444 H, Pemda Sumedang Gelar Rakor

Ia mengajak kepada warga untuk berhati-hati, khususnya warga yang rumahnya berada di tebing dan pinggir sungai.

“Bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, yang tinggal di tebing-tebing di manapun berada agar berhati-hati. Lihat situasi kondisi. Apabila hujan lebat, secepatnya pindah dulu ke rumah keluarga. Tunggu sampai keadaan normal kembali,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kejadian rumah yang terbawa arus sungai tersebut bisa menjadi pelajaran bagi warga lain.

“Tentu ini menjadi pelajaran. Alhamdulillah tidak ada korban. Kang Caca pemilik rumahnya sudah mengungsi ke rumah sebelah,” katanya.

Baca Juga:  Menuju Masa Depan Unggul: Pj. Bupati Herman Ambil Langkah Awal untuk RPJPD Sumedang 2025-2045

Herman berharap warga masyarakat Sumedang mengikuti segala bentuk imbauan karena keselamatan warga menjadi prioritas utama bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang.

“Ini menjadi perhatian kita semua. Tentu keselamatan warga nomor satu. Karena itu, kami mohon warga masyarakat untuk tanggap darurat, untuk selalu waspada,” tegasnya.***

Dapatkan Update Berita, Informasi Terkini dan BreakingNews setiap hari dari JatiNetwork.Com (JNC). Mari bergabung dengan “Google.News – JNC“, caranya klik “Google News“, lalu klik mengikuti!.