Upaya Meningkatkan Literasi Transaksi Digital di Sumedang

IMG 20240620 WA0095

JatiNetwork.Com – Penjabat Sekda Sumedang, Tuti Ruswati, memimpin rapat kerja Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Sapphire City Park pada Kamis, 20 Juni 2024.

Pertemuan ini bertujuan untuk mempersiapkan survei indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Semester I-2024. Hadir dalam rapat tersebut perwakilan dari Bank Indonesia (BI) yang memberikan masukan dan evaluasi terhadap upaya Pemda Sumedang dalam digitalisasi transaksi.

“Perwakilan BI telah memberikan berbagai trik dan tips untuk meningkatkan ETPD di Sumedang. Yang paling penting adalah perilaku masyarakat. Literasi digital terkait penggunaan transaksi non-tunai perlu disosialisasikan lebih masif,” ujar Tuti Ruswati.

Baca Juga:  Membangun Sumedang Bersama: Optimalkan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah melalui Perbup Baru

Tuti juga menyampaikan bahwa indeks ETPD Sumedang pada tahun 2023 mencapai 97 persen, namun ada penurunan pada tahun 2024 terkait penggunaan QRIS. “Kita perlu melakukan sosialisasi, edukasi, monitoring, dan evaluasi kepada masyarakat,” tambahnya.

Pelaksana tugas Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumedang, Ine Inajah, menyatakan bahwa rapat kerja ini merupakan evaluasi atas kinerja Pemda Sumedang pada tahun 2022-2023.

“Ini adalah upaya perbaikan untuk tahun 2024. Dari evaluasi tersebut, kami telah menerima berbagai masukan dan mengidentifikasi kelemahan yang perlu diperbaiki, terutama dalam realisasi transaksi elektronifikasi untuk retribusi daerah,” jelasnya.

Baca Juga:  Longsor 200 Meter di Jatigede! Warung Hanyut, 1 Luka Terbawa Longsoran

Ine juga menjelaskan bahwa penurunan indeks ETPD Kabupaten Sumedang pada tahun 2024 disebabkan oleh penurunan realisasi transaksi melalui QRIS, yang memiliki bobot penilaian besar.

“Setelah evaluasi, kami akan memperbaiki cara mengalihkan transaksi yang selama ini dilakukan melalui teller ke transaksi digital lainnya, seperti mobile banking atau QRIS,” tutup Ine.***

Dapatkan Update Berita, Informasi Terkini dan BreakingNews setiap hari dari JatiNetwork.Com (JNC). Mari bergabung dengan “Google.News – JNC“, caranya klik “Google News“, lalu klik mengikuti!.