Transformasi Digital di Ranah Desa, Menjadi Salah Satu Tugas Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Sumedang

Forum KIM Sumedang 16032022 1
Foto Bersama peserta dan Narasumber Sosialisasi dan penguatan Kelembagaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Sumedang.

JatiNetwork.Com – Dalam rangka transformasi digital ditingkat pedesaan, Dinas Komunikasi Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) Kabupaten Sumedang menggandeng Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di wilayah desa dan kelurahan.

Disamping itu, Diskominfosanditik juga melakukan kolaborasi dengan Diskopukmpp Kabupaten Sumedang untuk membantu pemasaran produk UMKM melalui Kim Desa di wilayah tersebut.

Demikian disampaikan Kabid Informasi dan Komunikasi Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang, Saeful Amin, saat menyampaikan paparan dalam acara sosialisasi dan penguatan kelembagaan Kelompok Informasi Masyarakat di Pendopo Kecamatan Sumedang Utara, Rabu 16 Maret 2022.

“KIM merupakan mitra strategis Diskominfosanditik dalam rangka penyebaran informasi maupun masukan informasi ke dan Pemerintah kabupaten Sumedang, termasuk juga KIM harus berperan aktif dalam membangun transformasi digital di wilayah pedesaaan di Kabupaten Sumedang,” kata Saeful.

Baca Juga:  Babak Baru Kasus Suhendra dan Roy Mahendra, Dia Menolak Keterangan Para Saksi

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan Forum KIM dari 4 Kecamatan, yakni Kecamatan Sumedang Utara, Sumedang Selatan, rancakalong dan Cisarua.

Acara yang dibuka oleh Camat Sumedang Utara Usep Aan Dahlan, dihadiri pula oleh Narasumber dari Forum KIM Kabupaten yakni Maman Koswara dan Rauf Nuryama serta Zaeni Adnan dari Diskopukmpp Kabupaten Sumedang.

Ditempat yang sama, Maman Koswara atau biasa dipanggil Mako, banyak menyoroti tentang keberadaan organisasi KIM dan peransertanya dalam membangun Sumedang melalui Informasi dan Komunikasi yang efektif, benar dan bertanggungjawab.

Baca Juga:  Bupati Tantang Baznas Sumedang Untuk Inovasi Pemberdayaan, Dari Mustahiq Jadi Muzaki

“KIM harus menjadi yang terdepan dalam memerangi berita Hoax, KIM juga harus dapat menyaring mana informasi yang berdampak baik atau berdampak buruk kepada masyarakat,” kata Mako yang menjabat Ketua Umum Forum KIM Kabupaten Sumedang.

Sementara Ketua 2 Forum KIM Kabupaten Sumedang, Rauf Nuryama menyampaikan peran dan fungsi media sosial sebagai salah satu instrumen dalam menjalankan distribusi informasi baik dari pemerintah ke masyarakat maupun sebaliknya.

Rauf juga melakukan branding nama KIM desa di Sumedang, dengan urutan KIM desa Sumedang. Contoh untuk desa Kebonjati, maka nama KIM nya adalah KIM Kebonjati Sumedang.

Baca Juga:  Kabar Gembira, 138 orang Pasien Covid di Sumedang Dinyatakan Sembuh Per 11 Maret 2022

Dalam kesempatan tersebut, juga diteriakan tagline KIM Sumedang 2022, yaitu 2022, KIM Sumedang Melesat. Sebagaimana tagline Kabupaten Sumedang menuju Sumedang Simpati 2023.***