Tersisa 3 Hari Menjabat Plh Bupati, Tuti Ruswati Merupakan Pejabat Tinggi Wanita Pertama Di Sumedang Dalam 446 Tahun

Tuti Ruswati SSos MSi
Wanita Pertama jadi Penguasa Sumedang dalam 446 Tahun, Hj Tuti Ruswati, S.Sos., M.Si.

JatiNetwork.Com – Berbekal radiogram Pj Gubernur Jawa Barat per 4 April 2024, Hj Tuti Ruswati resmi menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sumedang, alias Orang pertama di Sumedang.

Tuti Ruswati adalah Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, sejak Sekda Sumedang Herman Suryatman menjadi promosi menjadi Sekda Provinsi Jawa Barat.

Secara resmi 1 April 2024 Herman Suryatman diambil sumpahnya dan dilantik menjadi Sekda Provinsi Jawa Barat, sehingga otomatis jabatannya selaku Pj Bupati Sumedang berhenti.

Untuk menghindari kekosongan kepemimpinan, Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin menerbitkan Radiogram Penunjukan Plh Bupati Sumedang, Nomor 10/OD.03.03/PEMOTDA per tanggal 1 April 2024. Penunjukan Plh Bupati Sumedang kepada Pj Sekda yang dijabat oleh Hj Tuti Ruswati.

Kemudian pada tanggal 4 April 2024, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmuddin melalui Surat Perintah Pelaksana harian Nomor : 2023/KPG.07/BKD menunjuk Hj. Tuti Ruswati, S.Sos., M.Si., dalam jabatan sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Sumedang, yang berlaku selama 14 hari sejak ditetapkan. Ditetapkan di Bandung tanggal 4 April oleh Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin.

Baca Juga:  Manfaatkan Momentum Ramadan, Wabup Erwan Ajak Makmurkan Masjid

Masih bertanggal yang sama, 4 April 2024, Gubernur dengan radiogramnya bernomor 13/OD.03.03/PEMOTDA menunjuk Surat Perintah Gubernur diatas untuk menjadi Plh Bupati Sumedang.

Dengan demikian, maka Tuti Ruswati akan menjabat sebagai Plh Bupati Sumedang hingga 18 April 2024. Atau tersisa 3 hari sejak berita ini dipublikasikan.

Siapa Plh Bupati Selanjutnya?

Jika Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang diperpanjang, atau ada penetapan Tuti Ruswati sebagai Sekda Sumedang, maka Plh Bupati Sumedang kemungkinan otomatis adalah Sekda Definitif.

Sekda Sumedang besar kemungkinan menjadi Pj Bupati Sumedang, sebagaimana Herman Suryatman. Namun tidak tertutup kemungkinan ada pejabat lain yang akan mengisinya.

Baca Juga:  KPU Sumedang Buka Pendaftaran Calon Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati: Minimal Dukungan 67.239 KTP

Untuk diketahui, keputusan penunjukan Penjabat Bupati merupakan kewenangan Menteri Dalam Negeri.

Jadi siapa Plh Bupati Sumedang berikutnya, kita lihat saja nanti.

Sosok Tuti Ruswati: Wanita Penguasa Sumedang

Terlepas dari seberapa lama, dan akankah menjadi Sekda Sumedang atau menjadi Pj Bupati Sumedang, Tuti Ruswati telah mengukir Sejarah baru di Sumedang.
Dia adalah wanita pertama setaraf dengan Ratu untuk Kerajaan Sumedang Larang atau Bupati di Sumedang, sejak Sumedang lahir (22 April 1578) atau dalam 446 tahun.

Sumedang Larang konon pernah dipimpin oleh wanita pada zaman Nyi Mas Ratu Patuakan (1450 dan pada zaman Ratu Pucuk Umum (1530-1578).

Namun sejak 1578, ketika Prabu Geusan Ulun menjadi Raja Sumedang terakhir, dilanjutkan dengan masa pemerintahan Kesultanan mataram, VOC, Inggirs, Belanda, Jepang, Republik Indonesia, Belanda, Pasundan, dan Hingga Bupati pada Pemerintahan Republik Indonesia, semuanya dijabat oleh Laki-laki.

Baca Juga:  Menjadi Ketua KPU Sumedang Untuk Periode Kedua, Ogi Ahmad Fauzi: Alhamdulillah…

Namun dengan adanya Radiogram dari Pj Gubernur Jawa Barat, semuanya berubah. kepemimpinan Sumedang yang sebelumnya selalu Laki-laki, setelah 446 tahun dan berulang tahun pada bulan ini, ternyata berubah,

Hj Tuti Ruswati, mengubah Sejarah Sumedang. Adakah kemungkinan berlanjut, ataukan hanya sementara itu tidak menjadi penting. Karena sejarah telah mencatatnya.

Namun kemudian, apa yang menjadi Legacy (yang diwariskan) Tuti Ruswati selama kepemimpinannya? kita akan melihatnya nanti. Iktui terus informasinya di JatiNetwork.Com.***

Dapatkan Update Berita, Informasi Terkini dan BreakingNews setiap hari dari JatiNetwork.Com (JNC). Mari bergabung dengan “Google.News – JNC“, caranya klik “Google News“, lalu klik mengikuti!.