Sumedang Siap Kembangkan Hortikultura Melalui Proyek HDDAP

HDDAP 1
Foto bersama Kick-off HDDAP di Surabaya

JatiNetwork.Com – Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli, menyambut gembira terpilihnya Kabupaten Sumedang sebagai lokasi Proyek Pengembangan Hortikultura di Kawasan Lahan Kering (HDDAP) yang diprakarsai Kementerian Pertanian Republik Indonesia dengan Asian Development Bank (ADB) dan International Fund for Agriculture Development (IFAD).

Proyek ini, yang akan dilaksanakan di 7 provinsi dan 13 kabupaten, diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan, pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan petani di Sumedang.

“Gayung bersambut. Setelah mendapatkan bantuan dari provinsi, kita akan lanjutkan dengan program ini. Kelompok tani dan koperasinya sudah siap, Sumedang lebih kepada pengembangan Gedong Gincu dan Cabai. Performance (kinerja) yang diharapkan Kementan RI itu harus takeable (siap diambil/dipasarkan),” ujar Yudia saat menghadiri kick-off HDDAP di Hotel JW Marriot, Surabaya, Kamis (16/5/2024).

Baca Juga:  432 Calon Haji Sumedang Berangkat Menuju Tanah Suci

Yudia menjelaskan bahwa Sumedang memiliki potensi besar untuk pengembangan hortikultura, khususnya Mangga Gedong Gincu dan Cabai. “Di bulan November 2024, Mangga Gedong Gincu direncanakan akan diekspor sebanyak 50 ton,” ungkapnya.

Keunggulan Gedong Gincu Sumedang terletak pada sifatnya yang tidak mengenal musim, sehingga memungkinkan panen sepanjang tahun. “Dengan proyek ini tidak ada musim. Sepanjang tahun bisa memenuhi,” kata Yudia.

Untuk menjaga pasokan Mangga Gedong Gincu, Pemkab Sumedang akan bekerja sama dengan kabupaten/kota tetangga seperti Kuningan, Majalengka, Subang, dan Indramayu.

Baca Juga:  Ratusan Anak Yatim Dibagi Santunan dari Komunitas Mobil Pajero Indonesia

“Kerja sama ini penting untuk memastikan pasokan terpenuhi dan tidak terhambat,” jelas Yudia.

Proyek HDDAP diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani dan mendorong kemajuan sektor pertanian di Sumedang. “Melalui program ini, mudah-mudahan ketahanan pangan, pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan petani akan lebih meningkat,” pungkas Yudia.

Komitmen Pemkab Sumedang dalam mengembangkan sektor pertanian terlihat jelas dengan terpilihnya Sumedang sebagai lokasi Proyek HDDAP. Diharapkan program ini dapat membawa manfaat nyata bagi masyarakat Sumedang.

Hadir mendampingi Pj. Bupati, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati, Kepala Bappppeda Agus Wahidin, dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sajidin.***

Baca Juga:  Pompa Air Jadi Penyelamat Musim Tanam di Ujungjaya

Dapatkan Update Berita, Informasi Terkini dan BreakingNews setiap hari dari JatiNetwork.Com (JNC). Mari bergabung dengan “Google.News – JNC“, caranya klik “Google News“, lalu klik mengikuti!.