Sumedang Berbagi Pengalaman Transformasi Digital dan Pelayanan Publik dengan Peserta PKA Kemenkumham

Sumedang Berbagi Pengalaman Transformasi Digital dan Pelayanan Publik dengan Peserta PKA Kemenkumham
peserta Pendidikan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan LXXI Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) melaksanakan studi lapangan ke Kabupaten Sumedang

Jatinetwork.Com – Sebanyak 50 peserta Pendidikan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan LXXI Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) melaksanakan studi lapangan ke Kabupaten Sumedang.

Rombongan yang dipimpin oleh Kepala Pusat Pengembangan Pelatihan Teknis dan Kepemimpinan Eko Budianto diterima oleh Sekda  Sumedang Herman Suryatman di Aula Tampomas, Selasa 6 Juni 2023.

Eko Budianto menyampaikan, studi lapangan tersebut merupakan salah satu  agenda pembelajaran PKA di lembaga yang ia kelola.

“Ada empat lokus. Pertama kaitan dengan pelayanan publik, Kominfo, pengembangan SDM dan biro hukum,” ujarnya.

Baca Juga:  Klinik Pranadia Medika Sumedang Resmi dibuka, Ini Layanan Kesehatan yang Ada

Pelaksanaan studi lapangan ini, kata dia, bertujuan untuk membekali para peserta dengan kemampuan identifikasi, adopsi dan adaptasi kunci sukses faktor yang menjadi keunggulan organisasi.

“Harapannya, dari hasil yang mereka gali di Sumedang menjadi suatu rancangan proyek perubahan yang akan diimplementasikan pada Satker masing-masing yang berdampak pada kualitas kinerja secara individu maupun organisasi di lembaganya masing-masing,” katanya.

Gayung pun bersambut, Sekda Herman Suryatman yang dalam kesempatan tersebut merespon positif atas kegiatan itu.

Menurutnya, Pemkab Sumedang sendiri sangat terbuka untuk sharing pengalaman terkait transformasi digital, pelayanan publik maupun pengembangan manajemen SDM, termasuk kaitan proses legislasi di Bagian Hukum.

Baca Juga:  Perayaan Halal Bihalal PAN Sumedang: Momentum Evaluasi Pemilu 2024 dan Langkah Menuju Pilkada

“Alhamdulillah banyak orang belajar ke Sumedang dan tentu ini akan menambah kebanggaan, lebih jauh kita mendapatkan feed back.  Apalagi kita sedang mendorong organisasi pembelajaran atau learning organization ,” tuturnya.

Dikatakan Sekda, mengajarkan sebagai metoda pembelajaran terbaik diharapkan akan turut menambah khazanah pengetahuan bagi jajaran ASN Pemerintah Kabupaten Sumedang.

” The best learning its teaching . The more you give, the more you get . Insun Medal Insun Madangan,” tuturnya.

Ia menambahkan, bukan hanya dari kabupaten kota, tapi juga dari lintas kementerian yang datang ke Sumedang.

Baca Juga:  Tidak Disangka, Pasca Rapat Bersama Wakapolda, Kapolres Siapkan Kejutan Untuk Nakes di Hari Jadi PPNI 2022

“Ini kebanggan kita semua, berkat prestasi yang kita torehkan. Tapi yang substantif ialah mudah-mudahan memotivasi Sumedang berkinerja lebih baik lagi untuk menujudkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

*Baca Terus Yang Penting dan Ikuti JatiNetwok.Com di Google News!