SMTV, Televisi Pertama di Jawa Barat Migrasi Dari Analog Ke Digital, Satu Lagi Rekor Akan Dipecahkan, Apa Itu?

Asep Anang Supriatna
Direktur PT Sumedang Televisi (SMTV), Asep Anang Supriatna

JatiNetwork.Com – PT Sumedang Televisi (SMTV) menjadi Televisi pertama di Jawa Barat yang melakukan Analog Switch Off (ASO) atau migrasi dari analog ke digital.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur SMTV, Asep Anang Supriatna kepada JatiNetwork.Com, di kantornya Jalan Raya Sumedang Cimalaka, Selasa 15 Februari 2022.

“Berdasarkan data yang dirilis Diskominfo Jabar, Alhamdulillah ternyata Kami yang pertama d Jabar yang melakukan ASO,” katanya.

ASO adalah Program Penghentian Siara Analog, adalah proses transisi televisi digital atau peralihan dari analog ke digital.

Baca Juga:  Peringatan Dini Cuaca di Sumedang 9 Februari 2022 Sore Hingga Malam

Dalam hal ini, pemerintah terus menyiapkan sarana dan prasarananya dalam penyelenggaraan program ini.

Kementerian Kominfo mengumumkan bahwa per April 2022, siaran analog akan dihentikan. Namun demikian, khusus SMTV, Direktunya menyebut akan melakukan jauh sebelum ketentuan diberlakukan.

“Insyaa Allah, Kami juga akan melakukan penghentian siaran analog pada 6 Maret 2022. Dan Ini akan menjadi yang pertama juga di Jawa Barat,” jelas Asep Anang.

Terkait dengan keputusan ini, SMTV mendapat apresiasi dari Komisioner KPID Jawa Barat, Syaefurochman Al Banjary yang hadir di lokasi.

Baca Juga:  Ketua DPRD Sumedang Dukung Dewan Kebudayaan Sumedang Punya Kantor Sendiri

“Kami sampaikan apresiasi atas kecepatan SMTV melakukan perubahan dari Analog ke Digital. Apalagi berkeyakinan akan menjadi yang pertama pula melakukan penghentian siaran Analog, ini menjadi contoh bagi yang lainnya,” katanya.***