Sebelum Memutuskan Sekolah Lanjutan Atas, Pertimbangkan Untuk Masuk MAN 1 Sumedang, Mengapa?

MAN 1 SUMEDANG
Kampus MAN 1 Sumedang, Mendidik Siswa untuk menjadi Alumni yang mumpuni, KSA.

JatiNetwork.Com – Penting untuk diketahui tentang MAN 1 Sumedang, sebelum Anda para siswa yang saat ini sedang sekolah di SMP atau MTS, untuk melanjutkan Sekolah ke jenjang lebih tinggi.

Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumedang atau disingkat MAN 1 Sumedang memiliki visi yang analogi dengan namanya, yakni MAN1S alias MAN 1 S (umedang).

MAN1S, adalah kepanjangan dari Maju, Agamis, Normatif, Inovatif dan Simpatik.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah MAN 1 Sumedang, Abdul Haris, M.Ag., kepada Redaksi JatiNetwork.Com, beberapa waktu yang lalu.

Hal ini dilakukan untuk menciptakan sumber daya manusia lulusan dari MAN 1 Sumedang pasca lulus dari sekolah tersebut.

Kepala MAN 1 Sumedang
Kepala Sekolah MAN 1 Sumedang, Abdul Haris, M.Ag.

Dimana, lulusan dari MAN 1 Sumedang bisa melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta, tahun 2020 MAN 1 Sumedang juga menjadi sekolah unggulan untuk memberikan tambahan kemampuan kepada para lulusan dengan keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakat.

Baca Juga:  SMTV, Televisi Pertama di Jawa Barat Migrasi Dari Analog Ke Digital, Satu Lagi Rekor Akan Dipecahkan, Apa Itu?

Bahkan masih menurut Kepala Sekolah, yang membedakan lulusan MAN dengan bukan MAN, adalah manfaat lulusan bagi kehidupan bermasyarakat.

“Semua lulusan dari Kami, minimal dia bisa mimpin doa, menjadi Imam, menjadi Khatib bahkan untuk urusan lain seperti pemulasaraan jenazah juga mereka adalah orang yang sudah siap. Ini yang tentu membedakan antara lulusan MAN dengan sekolah lainnya,” katanya.

Sehingga, menurutnya, sekolah di MAN 1 Sumedang adalah paket lengkap.

“Yang mau sekolah atau kuliah lebih lanjut, silakan. Yang mau bekerja, kami bekali dengan keterampilan, dan siapapun ketika kembali ke masyarakat mereka akan sangat dibutuhkan,” tambahnya.

Terkait dengan keterampilan, Kepala Sekolah menyebut bahwa MAN 1 Sumedang saat ini sudah memiliki lahan untuk membangun Kampus 2 yang diperuntukan untuk mengasah keterampilan peserta didik.

Baca Juga:  Bapenda Sumedang Bagikan SPPT PBB, Ada Cara Mudah Bayar Tagihan dan Segini Targetnya 2022

“Keterampilan yang akan kami berikan seperti, automotif, robotik, listrik, Tata boga, Tata busana, dan Komputer,” pungkasnya.

Ketika dikonfirmasi kenapa mereka harus memiliki kemampuan keterampilan, Kepala Sekolah MAN 1 Sumedang memberikan alasan sebagai berikut:

Pertama, dari sisi pengalaman yang berhasil melanjutkan kuliah dari MAN 1 Sumedang hanya sekitar 20 persen, karena alasan ekonomi, maka Kami berpikir sisanya mau diapakan?

Kedua, Kami berpikir keterampilan apa yang dibutuhkan oleh para pengsuaha baik di Sumedang maupun diluar dari lulusan setingkat SLTA, ternyata bidang-bidang tersebut cukup mumpuni.

Ketiga, atas dasar itu semuanya Kami juga sudah mendapatkan izin dari pusat untuk menyenggarakan pendidikan tambahan ini.

“Mereka bisa siap mausk di dunia nyata, baik bekerja maupun wiraswasta,” katanya.

Baca Juga:  Modus Baru Penipuan Di Sumedang, Puluhan Orang Melaporkan Hal Yang Sama, Begini Modus Operandinya!

MAN 1 Sumedang juga menyampaikan bahwa dirinya membekali siswanya dengan KSA, yang merupakan singkatan dari Knowledge, Skill dan Attitude.

“Selain dibekali dengan knowledge atau Pengetahuan, dan Skill atau keterampilan, Kami juga membimbing Attitude atau sikap kepada siswa didik, sehingga mereka bisa profesional di kemudian hari,” pungkasnya.***