Sajajar: Dalang Yogaswara Sunandar, Kang Ganjar, dan Jenong Sasagon di Alun-alun Situraja

Wayang Now
Ribuan warga hadiri nonton wayang dengan dalang Yogaswara Sunandar dari Gri Harja 3 Putra, dalam agenda Sajajar, Sa Jawa Barat Jeung Ganjar

JatiNetwork.Com – Malam yang cerah dan penuh antusiasme menyelimuti Alun-alun Situraja di Jawa Barat pada tanggal 6 Oktober 2023. Ribuan warga dari berbagai penjuru Sumedang berkumpul untuk menyaksikan pertunjukan yang sangat istimewa dengan tagline “Sajajar.” Acara ini menghadirkan tiga tokoh penting dalam dunia seni, budaya, dan politik: Dalang Yogaswara Sunandar, calon presiden Ganjar Pranowo, dan Jenong Sasagon.

Pertunjukan malam itu dimulai dengan sorak-sorai meriah dari penonton yang datang untuk menyaksikan wayang golek Giriharja 3 Putra yang dipandu oleh Dalang Yogaswara Sunandar.

Sebuah panggung besar telah didirikan di tengah alun-alun, dan wayang-wayang golek yang indah sudah siap untuk tampil. Wayang golek adalah bentuk seni tradisional Sunda yang telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Jawa Barat. Pertunjukan ini bukan hanya hiburan semata, tapi juga sarana untuk melestarikan budaya khas Sunda.

Baca Juga:  Pemda Sumedang Bergandengan Tangan dengan BRAC Internasional untuk Melawan Kemiskinan

Ketua Karang Taruna Kecamatan Situraja, Dedi Priatna, yang juga merupakan ketua panitia penyelenggara acara, menjelaskan tujuan dari pertunjukan ini.

“Maksud tujuannya di antaranya dalam upaya melestarikan budaya Sunda,” ujarnya. Wayang golek adalah salah satu harta budaya yang sangat penting bagi masyarakat Sunda, dan acara ini adalah bentuk komitmen untuk menjaganya agar tetap hidup.

Antusiasme penonton sangat tinggi, dan alun-alun Situraja benar-benar penuh sesak. Penonton dari berbagai usia bersorak riuh ketika tokoh-tokoh dalam pertunjukan muncul di atas panggung.

Salah satu penonton, Anton (30), asli Situraja, mengungkapkan kepuasannya dan berterima kasih kepada panitia penyelenggara. “Kami berterima kasih kepada panitia yang memberi hiburan bermanfaat untuk pelestarian budaya Sunda,” katanya.

Dede (24), seorang penonton lainnya, menyampaikan pentingnya melestarikan seni wayang golek. “Salah satu seni budaya Jawa Barat yang perlu dilestarikan karena banyak nasehat positif. Masyarakat juga sudah lama tidak menikmati tontonan seperti ini karena pandemi COVID-19,” tambahnya.

Baca Juga:  Bappenas Lakukan Lesson Learned Transformasi Digital di Sumedang

Sebagai tambahan informasi, kegiatan yang diadakan di Alun-alun Situraja ini bertajuk “SAJAJAR” (SA-JABAR JENG GANJAR GANJAR). “Kang Ganjar,” julukan akrab untuk calon presiden Ganjar Pranowo, adalah salah satu yang ikut menyemarakkan acara tersebut.

Ganjar Pranowo tidak hanya hadir sebagai calon presiden, tetapi juga sebagai tokoh yang peduli akan seni dan budaya. Kehadirannya di atas panggung adalah bukti bahwa seni dan politik bisa bersatu untuk menciptakan pengalaman yang luar biasa bagi masyarakat.

Selain Dalang Yogaswara Sunandar, Kang Ganjar, ada satu tokoh lagi yang membuat pertunjukan ini semakin berwarna, yaitu Jenong Sasagon. Dengan gayanya yang unik dan humor khasnya, Jenong Sasagon berhasil membuat penonton tertawa dan menikmati malam yang ceria.

Baca Juga:  Wabup Tutup Kegiatan Pesantren Ramadan ASN di Mesjid Al-Kamil

Malam itu, Alun-alun Situraja bukan hanya menjadi tempat pertunjukan, tetapi juga menjadi tempat di mana seni, budaya, dan politik bersatu dalam satu kesatuan. “Sajajar” adalah pengingat bahwa seni dan budaya adalah aset berharga yang perlu dilestarikan dan dirayakan.

Dalam satu malam yang indah, ribuan warga Sumedang menyatukan hati dan jiwa untuk menikmati pesan positif yang disampaikan melalui pertunjukan wayang golek dan kesatuan dalam keragaman budaya Indonesia.***

Dapatkan Update Berita, Informasi Terkini dan BreakingNews setiap hari dari JatiNetwork.Com (JNC). Mari bergabung dengan “Google.News – JNC“, caranya klik “Google News“, lalu klik mengikuti!.