Lowongan Kerja
Dibutuhkan Content Creator silakan kirimkan lamaran Anda ke : jatinetworkindonesia@gmail.com

Profil Partai Kebangkitan Bangsa, Peserta Pemilu 2024 Nomor Urut 1

Logo PKB Now
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

JatiNetwork.Com – Mendapatkan Nomor urut 1 pada Pemilihan Umum Tahun 2024, Partai Kebangkitan Bangsa atau singkat PKB, disambut gembira oleh para kadernya. Tentu hal ini memudahkan mereka dalam konsolidasi dan promosi.

Kegembiraan Partai dibawah nahkoda Ketua Umum Muhaimin Iskandar, cukup beralasan karena nomor tersebut juga diperoleh PKB pada Pemilu 2019 lalu.

PKB di dirikan di Jakarta pada 23 Juli 1998, yang dideklarasikan oleh Kiai-Kiai Nahdatul Ulama, terutama yang paling dikenal adalah Abdurrahman Wahid, alias Gusdur.

Selain Gusdur, Deklarator lainnya adalah Munasir Ali, Ilyas Ruhiat, A. Mustofa Bisnis, KH Zuhdi Fatkur dan A. Muhith Muzadi.

Baca Juga:  Polres Jakarta Selatan Tangkap Gitaris Band Ternama, Terkait Ganja! Benarkah Band Geisha?

Kantor Pusat PKB di Jalan Raden Saleh 1 No 9 Menteng, Jakarta Pusat Provinsi DKI Jakarta.

Sebagai peserta Pemilu 2024, PKB memiliki anggota sebanyak 58 orang atau Kursi di DPR RI. Ini menjadi bekal bargaining dalam koalisi pemilihan calon Presiden.

Jumlah ini, merupakan kursi terbanyak selama periode PKB duduk di Senayan.

Berdasarkan catatan litbang JatiNetwork, Jumlah Anggota DPR dari PKB pada Pemilu 1999 sebanyak 51 kursi, tahun 2004 sebanyak 52 kursi, 2009 sebanyak 27 kursi, 2014 sebanyak 47 Kursi, dan 2019 sebanyak 58 Kursi.

Baca Juga:  Perampokan Bank BJB Cilandak Jakarta, Digagalkan Security Sempat Ditembak

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar digadang-gadang akan menjadi Cawapres bersama dengan Partai besutan Prabowo.

Beberapa kali pertemuan, menjurus ke arah Prabowo sebagai Calon Presiden dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai calon Wakil Presiden.

Namuin demikian, hingga berita ini diturunkan, sinyal dari Gerinda sepertinya malah meredup.

Apakah PKB akan tetap bertahan menunggu Gerindra, atau akan bergabung dengan Koalisi lain bersama Partai penghuni Senayan lainnya? Kita tunggu saja. ***