Pj Sekda Sumedang Dorong ASN Jadi Motor Penggerak Kemajuan Birokrasi

Pj Sekda Sumedang Dorong ASN Jadi Motor Penggerak Kemajuan Birokrasi

JatiNetwork.Com – Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Kabupaten Sumedang, Tuti Ruswati, memberikan pesan penting kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Apel Pagi Gabungan yang berlangsung di Lapangan Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS) pada Senin, 1 Juli 2024. Dalam apel tersebut, Tuti menekankan peran krusial ASN sebagai motor penggerak terdepan dalam kemajuan birokrasi, serta pentingnya penguatan budaya kerja yang berlandaskan budi pekerti, akhlak, dan kompetensi.

“Birokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan harus berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. Indikator makro Sumedang masih banyak pekerjaan rumah. ASN sebagai motor penggerak memiliki akhlak, kompetensi, dan melek literasi,” ujar Tuti Ruswati.

Tuti menjelaskan bahwa penumbuhan budi pekerti dapat diwujudkan melalui dua karakter utama: karakter moral dan karakter kinerja. Karakter moral meliputi kejujuran, transparansi, sopan santun, dan tatakrama, sementara karakter kinerja mencakup disiplin, integritas, kerja keras, kerja cepat, kerja ikhlas, dan kerja tuntas.

Baca Juga:  Plh Sekda Pimpin Upacara Hari Otda ke-28 Kabupaten Sumedang

“Apel pagi gabungan ini adalah salah satu indikatornya. Tidak setiap hari, jadi mohon kehadirannya untuk kita gunakan sebagai sarana untuk konsolidasi lembaga,” tambahnya.

Lebih lanjut, Tuti menekankan pentingnya ASN memiliki kompetensi 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Creativity and Innovation) untuk bergerak cepat, bertindak tepat, dan profesional. Kompetensi tersebut diharapkan dapat membangun pola pikir ASN yang komprehensif, holistik, serta sistematis, sehingga ASN memiliki integritas tinggi dan profesional dalam pelayanan.

“ASN Sumedang wajib memiliki kompetensi 4C. Kemampuan untuk berpikir kritis, berpikir kreatif, bekerja sama dengan orang lain, dan komunikasi dengan baik,” jelas Tuti.

Baca Juga:  Alumni IPDN Sumedang Diharapkan Jadi Garda Terdepan Mewarnai Pemerintahan

Selain itu, Tuti juga menyoroti pentingnya literasi bagi ASN, yang tidak hanya mencakup kemampuan membaca, tetapi juga memahami dan menganalisis fenomena isu strategis yang terjadi saat ini.

“Dengan literasi akan menambah wawasan yang akan mengubah mindset sehingga lebih terbuka dalam melakukan 4C. Termasuk bagaimana melawan hoaks, judi online, dan sebagainya,” ungkap Tuti.

Pesan Tuti Ruswati dalam Apel Pagi Gabungan ini diharapkan dapat memotivasi ASN di Kabupaten Sumedang untuk terus meningkatkan kualitas diri dan kinerja, sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan berkontribusi dalam pembangunan daerah.