Pemda Sumedang Bergandengan Tangan dengan BRAC Internasional untuk Melawan Kemiskinan

Turunkan Angka Kemiskinan Pemda Sumedang Kolaborasi dengan BRAC Internasional

Kerjasama yang menarik antara Pemda Kabupaten Sumedang dan Bangladesh Rural Advancement Committee (BRAC) Internasional sedang dipertimbangkan untuk mengurangi angka kemiskinan yang ada di wilayah tersebut.

Pada hari Rabu (25/4), suasana ruang rapat Sekretariat Daerah Sumedang dipenuhi dengan antusiasme saat Plh. Sekda Sumedang, Tuti Ruswati, menerima delegasi dari BRAC Internasional. Pertemuan tersebut mengungkap potensi kerjasama yang kuat dalam upaya menghadapi masalah kemiskinan di Sumedang.

BRAC Internasional dikenal sebagai salah satu LSM terkemuka di dunia yang berdedikasi untuk mengatasi kesenjangan sosial dan ketidakadilan dengan cara memberdayakan masyarakat melalui program sosial-ekonomi yang terukur.

Baca Juga:  Ketua Baznas Sumedang: Didukung Pemda, Gerakan Cinta Zakat Terus Berkembang

“Saat ini, kita sedang mempertimbangkan kerjasama yang erat antara Pemda Sumedang dan BRAC Internasional dalam rangka pengembangan program penanggulangan kemiskinan yang berbasis pada konsep graduasi,” ungkap Plh. Sekda Tuti Ruswati setelah pertemuan.

Rencana tersebut dinilai sangat selaras dengan visi Kabupaten Sumedang dalam menekan angka kemiskinan. Tuti menyatakan, “Target penurunan kemiskinan tahun ini kami tetapkan sebesar 1,5 persen. Kami sadar bahwa ini adalah tantangan besar, dan kolaborasi seperti ini dengan BRAC Internasional adalah langkah yang tepat untuk mencapainya.”

Baca Juga:  Guru Ngaji Terima Insentif dari Pemda

Dia berharap bahwa dengan adanya kerjasama ini, langkah-langkah nyata dalam menangani kemiskinan di Sumedang dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.

“Kerjasama ini telah kami sepakati, dan kami berharap untuk segera melaksanakannya. Kami saat ini sedang mengumpulkan data dari berbagai instansi terkait, dan minggu depan kami akan segera memulai pemetaan serta pelaksanaan program,” jelasnya.

Arvian Triantoro, Koordinator BRAC Provinsi Jawa Barat, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan Pemda Sumedang dalam upaya ini. Dia menjelaskan bahwa pendekatan graduasi yang digunakan oleh BRAC telah terbukti efektif dalam mengurangi kemiskinan ekstrem di berbagai negara.

Baca Juga:  Dalam Kunjungan ke Situraja, Ridwan Kamil Ingatkan Bahaya Anemia Penyebab Stunting

“Dengan pendekatan ini, kami berharap dapat secara signifikan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang awalnya hidup dalam kondisi sangat miskin. Dengan bantuan program usaha, pendampingan yang intensif, serta dukungan keuangan dan sosial, kami yakin dapat mengangkat mereka keluar dari garis kemiskinan dalam waktu singkat,” tambahnya.

Melalui kerjasama ini, Pemda Sumedang dan BRAC Internasional berharap dapat menciptakan perubahan yang berarti dalam mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Sumedang.***