Pasang Sangkur di Cimungkal: Bersinergi Mewujudkan Sumedang Beyond Simpati

Pasang Sangkur 1
Program Pasang Sangkur di Desa Cimungkal Kecamatan Wado, jadi tonggak sejarah baru penurunan Kemiskinan di Sumedang menuju Beyond Sumedang Simpati

JatiNetwork.Com – Pj Bupati Herman Suryatman memulai langkah berani untuk menghadirkan perubahan di Desa Cimungkal, Sumedang.

Pada Rabu (4/10/2023), Pj Bupati Herman Suryatman menggelar program inovatif yang dinamakan “Pasang Sangkur” di Desa Cimungkal, Kecamatan Wado.

Pencanangan Program Pasang Sangkur ini merupakan yang pertama kali diadakan di Cimungkal, dan menjadi salah satu tindakan nyata untuk mewujudkan visi “Sumedang Beyond Simpati”.

Acara ini turut dihadiri oleh Dandim 0610/Sumedang, Letkol Kav. Christian Gordon Rambu, yang juga memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif ini.

Menurut Pj Bupati Herman, Pasang Sangkur bukan sekadar formalitas, melainkan juga sebuah bentuk nyata dari kemandirian dan nilai dari Sumedang Beyond Simpati.

“Dengan Pasang Sangkur ini, kami mendukung masyarakat yang kurang mampu untuk menjadi lebih produktif sehingga mereka dapat memberikan manfaat bagi diri mereka sendiri serta menjadi sumber kebahagiaan bagi warga masyarakat Wado,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pj Bupati Sumedang Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Angin Puting Beliung di Jatinangor dan Cimanggung

Herman menjelaskan bahwa landasan operasional Pasang Sangkur adalah “guyub” (solidaritas), “motekar” (kreativitas), dan “surti” (kebersamaan).

“Prinsip dasarnya adalah Insun Medal Insun Madangan dan nilai operasionalnya adalah guyub, motekar, surti, sehingga masyarakat dapat bersama-sama membangun desa dan akhirnya mencapai tingkat kemandirian,” tambahnya.

Pemkab Sumedang juga terus mendukung dan memberikan perhatian kepada masyarakat kurang mampu dengan menyediakan lahan produktif, satu desa satu hektare, agar mereka dapat memanfaatkannya secara optimal.

Letkol Kav. Christian Gordon Rambu, Dandim 0610/Sumedang, berkomitmen untuk mendukung pemerintah daerah dalam meningkatkan ketahanan pangan.

Baca Juga:  Pj Yudia Ramli Kumpulkan Kepala Desa, Lurah, dan Kepala Puskesmas untuk Berkolaborasi dalam Rakor Tata Laksana Gizi

“Kami akan bersama-sama mengatasi ancaman kemiskinan ekstrem di Sumedang, dan ini adalah langkah konkret kita untuk membantu masyarakat miskin dan mengatasi permasalahan kemiskinan,” ujarnya dengan semangat.

Sekretaris Desa Cimungkal, Aca, juga mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Desa Cimungkal untuk menjalankan program Pasang Sangkur.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Sumedang yang telah memilih Desa Cimungkal untuk pelaksanaan program Pasang Sangkur. Semoga Sumedang terus maju dan dapat bersinergi dengan masyarakat, terutama dengan Desa Cimungkal,” tuturnya dengan penuh harap.

Program Pasang Sangkur di Desa Cimungkal ini diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam upaya mewujudkan Sumedang yang lebih mandiri, produktif, dan berdaya saing.

Baca Juga:  Longsor 200 Meter di Jatigede! Warung Hanyut, 1 Luka Terbawa Longsoran

Langkah-langkah inovatif seperti ini menjadi contoh bagi daerah lain untuk memberikan solusi nyata terhadap permasalahan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sumedang memang tengah bergerak menuju visi “Sumedang Beyond Simpati” dengan langkah yang kuat dan penuh semangat.***

Dapatkan Update Berita, Informasi Terkini dan BreakingNews setiap hari dari JatiNetwork.Com (JNC). Mari bergabung dengan “Google.News – JNC“, caranya klik “Google News“, lalu klik mengikuti!.