Miliki Command Center, Menuju Sumedang Satu Data

Himbauan Bupati untuk Sumedang Satu Data
Command Center sebagai sarana menuju Sumedang Satu Data. Bupati dalam rapat bersama Kepala SKPD dan Camat.

JatiNetwork.Com – Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir meminta agar setiap data dikompilasikan dan diintegrasikan dengan data di Command Center Sumedang.kepada tiap SKPD dan kecamatan.

Permintaan itu ia sampaikan dalam Rakor Penguatan Command Center dan “Sumedang Satu Data” yang digelar di Aula Tampomas Setda Sumedang, Selasa 1 Maret 2022.

“Saya ingin seluruh kepala dinas dan camat mengambil keputusan berdasarkan fakta dan data yang sudah terintegrasi. Harus paham masalah, tahu data agar membuat program kebijakan yang berdampak dalam mengatasi masalah tersebut. ” ujarnya.

Baca Juga:  Bupati: Target Angka Kemiskinan Kabupaten Sumedang Tahun 2022 Dibawah 10 Persen

Bupati mengatakan, dalam proses pengumpulan data di Command Center, masing-masing SKPD dan kecamatan yang diharuskan membuat Command Center Mini untuk mempermudah pimpinan melihat dan mengambil kebijakan dan keputusan secara efisien dan tepat sasaran.

“Kita punya Command Center. Ini big data kita. Setiap dinas harus ada datanya. Nanti dianalisis untuk mengambil kebijakan. Untuk data ini seluruh dinas harus menginput dan punya aplikasinya,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati, setiap Command Center Mini minimal mempunyai 5 menu antara lain dashboard SAKIP Desa, dashboard SAKIP SKPD, dashboard Command Center, aplikasi Simpati (Stunting), aplikasi Sigeol dan data UMKM.

Baca Juga:  Bapenda Sumedang Bagikan SPPT PBB, Ada Cara Mudah Bayar Tagihan dan Segini Targetnya 2022

Ia menambahkan, data tersebut bisa menjadi bahan referensi untuk dieksekusi dalam membuat program dan kegiatan di tiap dinas ataupun kecamatan.

“Semua berawal dari data. Good data makes good decision and good result. Sekarang kita bedah big data dan aplikasi yang ada dengan seluruh dinas supaya memahami akan arti penting data dalam mengambil kebijakan,” ucapnya.