Menuju Sumedang The City of Knowledge: Membangun Tata Kelola Data Terpadu

Satu Data
Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Hj. Tuti Ruswati, S.Sos., M.Si

JatiNetwork.Com – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang berkomitmen untuk mewujudkan Sumedang The City of Knowledge.

Untuk mencapai visi besar ini, diperlukan data yang akurat dan terintegrasi sebagai landasan dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025.

“RPJPD 20 tahun ke depan dan RKPD 2025 harus disusun berdasarkan data-data yang akurat. Hal ini tentunya sejalan dengan visi Sumedang The City of Knowledge yang mendorong terwujudnya satu data,” kata Pj Sekda Tuti Ruswati saat membuka Forum Satu Data Tingkat Kabupaten Sumedang di Ruang Rapat Sekda, Jumat (17/05/2024).

Baca Juga:  DPC PPP Sumedang Apresiasi Peran Milenial Tumbuhkan Ekonomi Kreatif

Forum Satu Data ini merupakan langkah strategis untuk mengatasi persoalan data dan informasi yang selama ini menjadi kendala dalam pengambilan kebijakan.

“Forum ini menjadi wadah bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk merapatkan barisan dan mengupdate data,” ujar Tuti.

Tuti menekankan bahwa data yang akurat dan terintegrasi sangat penting dalam pengambilan kebijakan yang tepat sasaran, berdaya guna, dan berhasil guna.

“Dengan satu data, kita dapat menghindari disparitas data dan informasi antar OPD,” terangnya.

Forum Satu Data ini diharapkan dapat menghasilkan berbagai rekomendasi dan solusi dalam membangun tata kelola data yang terpadu dan efektif.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Hari Ini di Sumedang, 2 Maret 2022

“Mari kita bersama-sama membangun Sumedang The City of Knowledge dengan memanfaatkan data sebagai aset penting dalam pembangunan daerah,” ajak Tuti.

Forum Satu Data ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan Sumedang The City of Knowledge.

Dengan data yang akurat dan terintegrasi, Sumedang dapat mencapai pembangunan yang lebih terarah dan berkelanjutan.***

Dapatkan Update Berita, Informasi Terkini dan BreakingNews setiap hari dari JatiNetwork.Com (JNC). Mari bergabung dengan “Google.News – JNC“, caranya klik “Google News“, lalu klik mengikuti!.