Opini  

Menerka Figur Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Periode 2024-2029

Dr Encep
Prediksi Pengamat Politik Unsap, Dr Encep untuk Calon Bupati Sumedang 2024-2029


JatiNetwork.Com – Membaca peta pilkada kabupaten Sumedang tentu akan dilihat sesudah pemilu yang telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024. Saat ini kita tinggal menunggu hasil resmi yang diumumkan oleh KPU kabupaten Sumedang mengenai jumlah kursi yang didapatkan oleh partai politik.

Selain faktor jumlah kursi yang didapatkan untuk menentukan parpol yang bisa mengusung secara mandiri yaitu tanpa koalisi maupun dengan koalisi gabungan partai lain. Faktor lain yang berpengaruh dalam menentukan kemenangan dalam pilkada kabupaten Sumedang yaitu sosok figur.

Konstestasi sosok figur yang diajukan oleh pertai politik sangat menarik untuk diamati, mengingat dalam beberapa gelaran pilkada kabupaten Sumedang parpol koalisi besar ternyata kurang berpengaruh secara dominan jika tidak ditunjang oleh sosok figur.

Sehingga penting untuk dijabarkan siapa sosok yang berpotensi dan layak untuk menang mengenai calon bupati dan wakil bupati kabupaten Sumedang periode 2024-2029. Kelayakan akan dilihat dari semua aspek modalitas orang tersebut.

Mulai dari modal investasi jaringan, sosial dan dari sisi keuangan. Perlu kita ketahui sosok figur Bupati dan Wakil Bupati 2018-2023, sosok manta Bupati Dr. Dony Ahmad Munir, ST., MM dan wakilnya Erwan Setiawan, SE pada periode 2018-2023 merupakan kedua sosok yang saling melengkapi baik dari sisi investasi jaringan, sosial dan keuangan sehingga dapat memenangkan konstestasi dan meninggalkan dengan angka yang cukup jauh bagi empat pesaingnya, pada pilkada kabupaten Sumedang 2018.

Baca Juga:  Tembus 400 Lebih Pasien Aktif Covid Sumedang, Bagaimana Dengan Vaksinasi Covid Booster?

Untuk pilkada tahun 2024 kita melihat kedua sosok Dony dan Erwan akan berpisah, Mantan Bupati Sumednag periode 2018-2023 Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST., MM dipastikan akan mencari pendamping yang lain terlebih partai pengusung Dony yaitu PPP tidak bisa mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati secara sendiri, maka PPP perlu mencari mitra koalisi.

Berbeda dengan Dony, mengenai sosok mantan wakil bupati Sumedang periode 2018-2023 Erwan Setiawan, SE dipastikan menurut real count sementara KPU, partai pengusungnya yaitu partai Golkar diprediksi akan menjadi pemenang di pemilu 2024di kabupaten Sumedang dan bisa mencalonkan satu paket Bupati dan Wakil bupati Sumedang pada Pilkada 2024-2029.

Erwan sendiri tentu sangat bisa jika memilih rekan satu partainya di partai Golkar untuk menjadi calon wakil bupati. Partai Golkar mempunyai beberapa kader yang mumpuni baik secara pengalaman, investasi jaringan, sosial dan keuangan.

Beberapa kader partai Golkar yang berpotensi menjadi wakil bupati yaitu pertama; Asep Kurnia, SH., MH yang merupakan kader partai Golkar mantan calon wakil bupati periode 2018-2023, anggota DPRD kabupaten Sumedang dapil 5 (Jatinangor dan Cimanggung) dan sekarang diprediksi terpilih kembali menjad anggota DPRD kabupaten Sumedang dari dapil 5.

Kedua; Sonia Sugian, SH., MH., M. Tr. I. P, beliau mantan calon wakil bupati Sumedang Pilkada 2018-2023 dari jalur perseorangan, pada pemilu tahun 2024 diprediksi terpilih menjadi anggota DPRD partai Golkar dari dapil 6 ( Tanjungsari, Sukasari, Pamulihan dan Rancakalong),

Baca Juga:  BPJS Kesehatan Menyusahkan Rakyat, Daftar Saja Susah Bagaimana Dengan Layanan?

Ketiga; Taufik Gunawansyah, S.IP., M. Si, mantan ketua DPRD kabupaten Sumedang dan mantan wakil Bupati kabupaten Sumedang periode 2008-2013 dipastikan juga siap untuk ikut dalam ajang Pilkada 2024 di kabupaten Sumedang.

Meskipun baru dua calon yang ramai dibicarakan yaitu Dr. Dony Ahmad Munir, ST., MM dan Erwan Setiawan, SE, untuk pilkada kabupaten Sumedang, beberapa partai lainpun mempunyai potensi untuk mencalonkan kadernya menjadi bupati dan wakil Bupati Sumedang, pertama; Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dapat mengusung Irwansyah Putra mantan ketua DPRD periode 2014-2019 dan 2019-2024 untuk menjadi calon Bupati maupun Wakil Bupati.

Selain sosok Irwansyah Putra, PDIP mempunyai sosok lain yang perlu diajukan untuk Pilkada 2024 yaitu Dr. Ineu Purwadewi Sundari, S. Sos., MM. Sosok Ineu merupakan wakil Ketua DPRD Jawa Barat dan anggota DPRD Jawa Barat dapil 11 (Sumedang, Majalengka, Subang).

Kedua; Partai Amanat Nasional (PAN) diprediksi juga akan mengajukan kader terbaiknya Dr. Dudi Supardi, ST., MM, untuk posisi Cabup maupun Cawabup di Pilkada 2024. Dudi merupakan anggota DPRD kabupaten Sumedang periode 2014-2019 dan 2019-2024 yang pada pemilu tahun 2024 mencalonkan diri untuk anggota DPRD Jawa Barat dapil 11.

Ketiga: Partai Gerindra, Partai Gerindra mempunyai daya tawar yang sangat mumpuni juga untuk mencalonkan kader terbaiknya H. Heri Ukasah Sulaeman, S. Pd., M. SI, M. Hum. Heri Ukasah merupakan ketua DPD Gerindra kabupaten Sumedang dan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dapil 11 (Sumedang, Majalengka dan Subang), untuk pemilu tahun 2024 beliau juga mencalonkan diri kembali sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Barat no urut 1 dari partai Gerindra.

Baca Juga:  Pemda Sumedang Kembali Gelar Pesantren Ramadan Bagi ASN

Keempat PKB; Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tentu mempunyai calon yang patut diperhitungkan yaitu Ecek Karyana, S. Kep., MH calon Bupati Sumedang 2013-2018 dari jalur perseorangan dan Bakal Calon Bupati Sumedang 2018-2023 dari jalur perseoranga.

Sosok Ecek Karyana sekarang mencalonkan diri untuk sebagai calon anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dapil 11 dari partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kelima PKS; Moh Agung Anugrah, SE merupakan sosok yang pernah ikut dalam pilkada kabupaten Sumedang periode 2018-2023, untuk pemiu sekarang mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Jawa Barat dapil 11 dari partai PKS dengan no urut 2. Itulah beberapa nama calon dari partai Politik yang dipastikan siap berkompetisi untuk Pilkada kabupaten Sumedang pada hari Rabu tanggal 27 November 2024.***

Penulis adalah Pengamat Politik Universitas Sebelas April

Dapatkan Update Berita, Informasi Terkini dan BreakingNews setiap hari dari JatiNetwork.Com (JNC). Mari bergabung dengan “Google.News – JNC“, caranya klik “Google News“, lalu klik mengikuti!.