Ketua Kwarcab Sumedang: Pengurus Mabiran dan Kwaran Harus Bangkitkan Semangat Nasionalisme Gnerasi Muda

Ketua Kwarcab Sumedang Pengurus Mabiran dan Kwaran Harus Bangkitkan Semangat Nasionalisme Generasi Muda

JatiNetwork.Com – Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan berpesan kepada jajaran Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Pengurus Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka untuk membangkitkan rasa cinta tanah air di kalangan anak muda yang menurutnya semakin luntur.

Pesan itu disampaikan Wabup Erwan selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sumedang saat melantik Pengurus Mabiran dan Kwaran Kecamatan Paseh Masa Bhaki Tahun 2023-2027, Senin (31/7) di SMPN 1 Paseh.

“Saya berharap Kakak-Kakak yang baru dilantik menumbuh kembangkan kembali bagaimana meningkatkan ahlaq mereka, mencintai tanah air melalui ekstra kulikuler pramuka ini,” katanya

Selain itu, ia mengaku ketika dirinya mengenyam pendidikan sekolah dasar di tahun 80-an, pelajaran utama di sekolah adalah pendidikan akhlaq atau moral.

Baca Juga:  Pemda Kabupaten Sumedang Diperiksa BPK RI Perwakilan Jawa Barat untuk Evaluasi Keuangan Tahun 2023

“Dulu ada dalam kurikulum pelajaran etika, tapi sekarang saya tidak melihat lagi. Bagaimana kita menghormati yang lebih tua, menghargai sesama, itu semua dipelajari. Tapi sekarang jangankan menghargai orang lain, menghargai diri sendiri aja sulit,” ujarnya

Dikatakan Wabup, para pelajar di saat ini mudah sekali terprovokasi untuk melakukan tawuran dan bahkan tindak kejahatan. 

“Oleh karena itu, saya berharap Gerakan Pramuka, khususnya di Paseh ini terus tumbuh kembangkan nilai akhlaq dan moral (sebagai penangkalnya),” kata Wabup

Wabup juga berpesan kepada para  pengurus Gerakan Pramuka yang kebanyakan ASN  agar menjaga netralitasnya sebagai ASN menjelang tahun politik mendatang.

Baca Juga:  Wabup Tutup Kegiatan Pesantren Ramadan ASN di Mesjid Al-Kamil

“Saya berharap netralitas ASN dan kepramukaan dijaga. Jangan salah melangkah dan dukung mendukung. Lebih baik kita netral. Yang penting terpilih wakil kita yang amanah, terbaik,” ucapnya.

Para ASN diminta tetap bekerja dengan baik saja sesuai Tupoksinya dan jangan takut kehilangan jabatan karena tidak mendukung calon tertentu.

“Jangan korbankan karir Bapak Ibu hanya diajak oleh calon yang mereka sendiri belum dijamin bisa jadi. Akhirnya Bapak Ibu menjadi korban politik. Jangan sampai terjadi seperti itu,” katanya.

Sementara itu, Ketua Mabiran Gerakan Pramuka Paseh sekaligus Camat Paseh Agus Sujatmiko dalam sambutannya mengajak jajarannya agar membangkitkan semangat kepramukaan di wilayahnya.

Baca Juga:  Bapenda Sumedang Beri Kabar Gembira: Denda PBB-P2 Dihapus, Masyarakat Hanya Perlu Bayar Pokok! Begini Caranya

“Mari upaya generasi Paseh ke depan bisa muncul bibit-bibit andalan. Kita bisa menjadi pelaku sejarah. Apa yang kita berikan dan kontribusikan sebelum selesai masa bakti kita,” ucapnya.

Agus pun menyatakan kesiapannya untuk memajukan Gerakan Pramuka di Kecamatan Paseh dengan didukung kerja sama semua lini.

“Saya siap memajukan Gerakan Pramuka di Paseh dan tentunya kekompakan dijaga, kebersamaan dan ada hal-hal inovasi baru,” pungkasnya.

***