Kecamatan Sumedang Utara Raih Nilai SAKIP A, Pj Bupati Sumedang Berikan Apresiasi

Kecamatan Sumedang Utara Raih Nilai SAKIP A, Pj Bupati Sumedang Berikan Apresiasi

JatiNetwork.Com – Kecamatan Sumedang Utara meraih prestasi membanggakan dengan mendapatkan nilai 85,205 dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Tahun 2023, yang dikategorikan sebagai A (Memuaskan). Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, memberikan apresiasi atas pencapaian ini saat memberikan arahan dalam rangka Pembinaan SAKIP di Pendopo Kecamatan Sumedang Utara, Senin, 1 Juli 2024.

“Nilai ini menunjukkan bahwa Pak Camat dan Kepala Desa serta Lurah di Kecamatan Sumedang Utara dapat memimpin perubahan. Namun, jangan lantas berpuas diri dengan capaian nilai tersebut, terus pertahankan dan lebih ditingkatkan lagi,” kata Yudia Ramli.

Yudia menjelaskan bahwa implementasi SAKIP di Kabupaten Sumedang diharapkan dapat mencapai dua hal penting. Pertama, perubahan pola pikir dan budaya kerja yang bertujuan melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan. Kedua, manajemen kinerja dan keuangan penyelenggaraan kewenangan pemerintah yang efektif dan efisien.

Baca Juga:  5 Kiat Sukses ala Dony Ahmad Munir, Yang Bikin Santri Pesantren Kilat Semangat

Dalam kesempatan itu, Yudia juga menyinggung kondisi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sumedang yang memerlukan perhatian lebih.

“Sumedang itu PAD harus ditingkatkan dan potensinya harus terus digali. PAD itu berasal dari pajak, retribusi, dan pemasukan lainnya. Saya bisa menggambarkan berdasarkan data yang masuk, raihan PBB se-Kecamatan Sumedang Utara baru 27 persen,” ujarnya.

Menurut Yudia, berdasarkan perencanaan, seharusnya capaian PBB sudah mencapai 50 persen. Ia mendorong para Kepala Desa dan Camat untuk bekerja lebih keras dalam menggenjot PBB.

Baca Juga:  Cerita Mak Omoh: Cara Baru Pemda Sumedang Atasi Kemiskinan yang Wajib Kamu Tahu

“Sumedang dibangun tidak terlepaskan dari kontribusi dari Kepala Desa dan Camat. Mari kita lebih bekerja keras lagi dalam menggenjot PBB ini,” tambahnya.

Sebagai salah satu upaya optimalisasi percepatan pembayaran PBB, Yudia menyebutkan akan dilakukan sistem jemput bola, di mana pihak Bank BJB akan datang ke desa-desa untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran.

“Nanti akan kita jadwal desa mana yang akan dikunjungi. Kepala Desa sampaikan kepada Pak Camat desa mana yang akan didatangi supaya masyarakat terbantu dan tidak ada biaya tambahan administrasi. Mudah-mudahan ini menjadi upaya percepatan dalam meningkatkan PAD,” pungkas Yudia.

Baca Juga:  Sumedang Meluncurkan "Sumedang The City Of Knowledge" dan Geopark Lembah Cisaar: Menuju Kesejahteraan Masyarakat

Hadir dalam Pembinaan SAKIP tersebut antara lain Asisten Administrasi Budi Rahman, Plt Camat Sumedang Utara Maman Wasman beserta jajaran, serta para kepala desa dan lurah se-Kecamatan Sumedang Utara.