Jumat Berkah Bersama DPC PPP Sumedang di Masjid Jami Raodotul Ikhwan Sukasari

DPC PPP di Sukasari kolase
Pengurus DPC PPP Sumedang, saat bersilaturahmi dalam Jumat berkah dengan jemaah Masjid Raodotul Ikhwan di Sukasari Sumedang

JatiNetwork.Com – Partai Persatuan Pembangunan melalui DPC PPP Sumedang, kembali memberikan santunan Jumat berkah, 18 Maret 2022.

Kali ini berlokasi di Masjid Jami Raodotul Ikhwan, di Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang.

Turun hadir pengurus DPC PPP Sumedang, Asep Rony Mauludin dan Pupun Marpuah.

Kepada Redaksi JatiNetwork.Com, Asep Rony Mauludin yang juga anggota DPRD Kabupaten Sumedang menyebutkan bahwa dalam jumat berkah kali ini diberikan 100 Nasi Box kepada Jamaah.

“Alhamdulillah, Kami memberikan sekitar 100 Nasi Kotak kepada jamaah Masjid Raodotul Ihwan di dusun Babakan Loa, Desa Genteng,” katanya, Jumat 18 Maret 2022.

Tampak dalam pantauan JatiNetwork.Com, pengurus DPC PPP Sumedang juga memberikan kalender kepada para jamaah yang baru selesai melaksanakan ibadah Jumat.

Lebih lanjut Asep Rony Mauludin menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka menjalin silaturahmi dan terus menjaga hubungan baik antara Partai dengan konstituen yang ada di wilayah, seperti di Sukasari.

“Insyaa Allah ini sebagai ajang silaturahmi saja, dan juga Kami bisa sambil komunikasi dengan konstituen PPP sehingga kita tetap bisa mengemban amanah masyarakat untuk kita perjuangkan di kursi legislatif,” tambahnya.

Baca Juga:  DPC PPP Sumedang Apresiasi Peran Milenial Tumbuhkan Ekonomi Kreatif

Asep juga menyebut bahwa kegiatan seperti ini akan terus diusahakan ditempat lainnya yang dilakuan secara bergilir.

“Doakan untuk dapat terus dilakukan ya, walaupun secara bergilir. Mungkin Jumat depan di tempat lain,” katanya tanpa menyebut lokasi berikutnya.

Jumat Mubarok atau Jumat Berkah

Untuk diketahui Jumat Berkah diambil dari Bahasa Arab yaitu Jumat Mubarok artinya menurut Kamus Al Munawwir adalah berkah atau barokah artinya nikmat. Secara istilah, berkah atau barokah artinya ziyadatul khair yakni bertambahnya kebaikan.

Hastag Jumat Berkah atau Jumat Mubarok dengan tagar #JumatBerkah atau #JumatMubarok menjadi trending di setiap Jumat pada dunia maya Twitter.

Dalam perkembangan kekinian, pada Jumat Berkah menjadi sebuah kegatan berbagi rezeki, memberi nasi gratis, manakan gratis bahkan tidak sedikit yang berbagi sedekah pada hari Jumat.

Di dalam Islam, Jumat adalah hari keenam dalam satu pekan, yang memiliki keistimewaan.

Berbeda dengan hari lain, Jumat menjadi mulia karena limpahan karunia dari Allah SWT.

Baca Juga:  Terungkap, Ini Penyebab Ade Armando Babak Belur! Hati-hati untuk Denny Siregar dan Abu Janda

Beberapa keistimewaan hari Jumat yang penting diketahui.

Pertama, Rasulullah Muhammad SAW bersabda, bahwasanya hari terbaik dimana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari ini, Nabi Adam Alaihisallah diciptakan, dan dimasukan ke Surga. Pun, kiamat tidak akan terjadi kecuali hari Jumat.

Kedua, Hari yang suci bagi Kaum Muslim. Bahkan dalam QS Surah Al-Jumua’ah disebutkan bahwa apabila telah diseru untuk menunaikan Salat pada hari Jumat, segerakanlah. Untuk mengingat Allah, bahkan meminta Muslim untuk meninggalkan jual beli. Artinya tidak ada aktivitas lain, kecuali untuk beribadah dan mengingat Allah SWT.

Ketiga, Barangsiapa yang berbuat amal kebaikan pada hari Jumat, pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Keempat, Hari Jumat merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT. Dari Abu Dawud disebutkan bahwa “Pada hari jumat ada 12 jam. Diantaranya ada satu waktu, apabila ada seorang muslim yang memohon kepada Allah di waktu itu, niscaya akan Allah berikan. Carilah waktu itu di penghujung hari setelah Ashar.”

Kelima, Hari Jumat adalah hari dimana umat Muslim diampuni Dosa-dosanya. Dari Muslim disebutkan “Barang siapa berwudlu kemudian memperbaiki wudlunya, lantas berangkat Jumat, dekat dengan Imam dan mendengarkan khutbahnya, maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni.”

Baca Juga:  Dalam Pooling, Agus Muslim Jadi Kandidat Bupati/Wakil Bupati Sumedang 2024-2029

Sedangkan keistimewaan hari Jumat berikutnya, diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Iman Trmidzi, akan terjada dari fitnah kubur.

“Tiada seorang Muslim yang mati di hari atau malam Jumat, kecuali Allah menjaganya dari fitnah kubur.”***