Jalan Cisoka-Cibubut Mulus di 2025, Buka Jalur Baru Menuju Cibugel

Jalan Cibugel Citengah
Pj BUpati Sumedang Yudia Ramli beserta Tm melakuan penijauan Jalan Cibugel ke Citengah di Sumedang Selatan

JatiNetwork.Com – Kabar gembira bagi masyarakat di Desa Citengah, Sumedang Selatan, dan Kecamatan Cibugel. Akses jalan penghubung antar wilayah tersebut akan segera diperbaiki dan ditargetkan mulus di tahun 2025.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang kembali melanjutkan pembangunan jalan Cisoka-Cibubut yang selama ini tertunda. Jalan sepanjang 1,5 Km ini merupakan akses vital bagi masyarakat Cibugel untuk menuju pusat kota Sumedang.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumedang, Budiyana Santosa, mengungkapkan bahwa dana Rp 500 juta telah disiapkan dari APBD Tahun 2024 untuk tahap awal perbaikan.

Baca Juga:  JatiNetwork.Com (JNC) Membuka Topik Baru: Pemilihan Bupati Sumedang 2024

“Mudah-mudahan di APBD murni Tahun 2024 ada intervensi untuk perbaikan sekitar Rp 500 juta. Dananya masih kurang, dan kita dorong untuk anggaran Tahun 2025 kita sudah usulkan ke Provinsi. Semoga cepat tuntas, usulannya Rp 4 miliar,” ujar Budiyana.

Pembangunan fisik jalan Cisoka-Cibubut dijadwalkan dimulai pada Juni 2024 dan akan menggunakan sistem rigid beton. Selain itu, pembangunan saluran drainase dan pengupasan tebing untuk pelebaran jalan juga akan dilakukan.

Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, yang turut meninjau lokasi jalan, menegaskan pentingnya perbaikan jalan ini untuk kelancaran akses masyarakat.

Baca Juga:  Kadin Sumedang Siap Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Sumedang

“Jarak tempuh yang seharusnya setengah jam menjadi satu jam setengah. Masyarakat Jayamekar (Kecamatan Cibugel) yang ingin ke kota Sumedang untuk akses kesehatan, ekonomi dan lainnya itu harus keliling,” jelas Yudia.

Meskipun kewenangan perbaikan jalan ini berada di bawah Pemda Kabupaten Sumedang, keterbatasan anggaran mendorong mereka untuk meminta bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kita sedang mengajukan. Mudah-mudahan ajuan kita berhasil. Saya akan bertemu dengan Gubernur dan Sekda Jabar untuk membicarakan hal ini,” pungkas Yudia.

Pembangunan jalan Cisoka-Cibubut diharapkan dapat membuka jalur baru yang lebih mudah dan nyaman bagi masyarakat, serta mendorong peningkatan ekonomi di wilayah tersebut.***

Baca Juga:  Empat Rumah di Sumedang Terancam Ambruk, Penghuni Diungsikan

Dapatkan Update Berita, Informasi Terkini dan BreakingNews setiap hari dari JatiNetwork.Com (JNC). Mari bergabung dengan “Google.News – JNC“, caranya klik “Google News“, lalu klik mengikuti!.