Jalan Buahdua-Surian Terputus, Kapolres Sumedang Datangi TKP, Ini Yang Dilakukannya

Kapolres Tinjau Jalan Rusak 1647517669 180.253.13.159
Kapolres Sumedang sedang berbincang dengan Camat Buahdua, saat melakukan kunjungan ke lokasi bencana jalan ambles yang mengakibatkan Jalan Buahdua-Surian Teputus.

JatiNetwork.Com – Jalan Buahdua-Surian terputus. Jalan ambles karena curah hujan yang cukup deras, sehingga mengakibatkan transportasi roda 4 dari kedua arah tidak bisa dilalui.

Atas kejadian ini, Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto beserta jajaran melaksanakan pengecekan TKP Jalan Amblas di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang, pada Kamis 17 Maret 2022.

Menurut keterangan Kepolisian , kejadian tersebut terjadi pada Selasa 17 Maret 2022 sekitar pukul 04.00 WIB.

Jalan yang ambles diperkirakan mencapaik Panjang 30 meter dan kedalaman 2 meter.

Akibatnya jalan penghubung Buahdua – Surian menjadi terputus.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Hari Ini di Sumedang, 2 Maret 2022

Polisi juga menyebut ada pergerakan tanah.

“Juga terjadi pada tebing setinggi 50 meter dan panjang retakan 500 meter yang merusak jalan, perkebunan warga, dan tiang listrik serta tiang telepon,” katanya.

Demikian disampaikan Kapolres Sumedang melalui Kasi Humas Dedi Juhanda kepada Jurnalis JatiNetwork.Com.

“Hujan deras yang mengguyur wilayah Hariang Buahdua menyebabkan adanya pergeseran tanah, kejadian tersebut tidak mengakibatkan adanya korban jiwa namun akses jalan yang menghubungkan Kecamatan Buahdua dan Kecamatan Surian menjadi terputus,” ungkapnya.

“Jalan tersebut untuk sementara ini tidak dapat dilewati oleh kendaraan Roda 4, namun untuk kendaraan Roda 2 masih bisa lewat melalui jalur perkebunan yang dibikin oleh warga,” jelas Dedi.

Baca Juga:  Arus Balik Via Jalan Tol Cisumdawu Dibuka Hari Ini Untuk Seksi 2 dan Seksi 3, Ikuti Aturannya!

Untuk warga masyarakat yang akan menuju Surian dari Buahdua maupun sebaliknya untuk sementara ini, Dedi mengimbau untuk menggunakan jalur alternatif lain melalui jalur Tanjungkerta – Surian.

Untuk kendaraan Roda 2 yang masih melewati jalur tersebut agar tetap hati-hati dan waspada karena adanya potensi longsor susulan.

Disela-sela melakukan peninjauan Kapolres Sumedang juga memberikan bantuan sosial kepada warga yang melakukan kerja bakti membersihkan material longsor, selain itu Kapolres juga memberikan bantuan kepada Camat Buahdua yang akan dipergunakan untuk perbaikian fasilitas umum yang terdampak.***

Baca Juga:  Tidak Disangka, Pasca Rapat Bersama Wakapolda, Kapolres Siapkan Kejutan Untuk Nakes di Hari Jadi PPNI 2022