Opini  

Inilah 8 Karakter Kepemimpinan Agar Menumbuhkan Loyalitas Bawahan(?)

Pemimpin dan Bawahan e1645577910839

JatiNetwork.Com – Menjadi seorang pemimpin itu tidaklah mudah. Baik dalam sebuah organisasi, kelompok, sekolah, bahkan dalam kepemimpinan di kepemerintahan itu sendiri.

Pemimpinan harus memiliki kemampuan dalam memimpin. Pemimpin itu, bisa diciptakan. Pemimpin, beda dengan Bos.

Bos biasanya, adalah orang yang memberikan kita pendapatan. Dia memberi kita uang, makanan dan lebih layak disebut majikan.

Jadi kalau Anda menyebut bos, kepada seseorang! itu berarti dia yang memberikan anda uang. Atau jika Anda dipanggil Bos oleh orang lain, bisa jadi dia adalah anak karyawan anda, atau orang yang sedang berharap dapat uang dari Anda.

Bos belum tentu menjadi pemimpin yang baik. Orang menurutinya karena dialah yang memilki kekuasaan sehingga Anda tidak bisa berbuat banyak. Kalau Bos marah, bisa jadi uang dan jabatan Anda akan hilang.

Namun, jika anda ingin jadi Pemimpin. Pemimpin yang baik dan dituruti oleh anak buah Anda. Setidaknya 8 karakter berikut harus anda miliki.

  1. Cerdas,
  2. Bertanggungjawab
  3. Jujur,
  4. Dapat dipercaya,
  5. Inisiatif,
  6. Konsisten,
  7. Tegas, dan
  8. Lugas

Itulah 8 karakter pemimpin yang akan menjadi kunci penentu dalam keberhasilan suatu organisasi. Pemimpin yang seperti ini akan membawa berkah bagi seluruh anggota organisasi yang ada di dalamnya. Jika dia adalah Pemimpin dalam Perusahaaan Anda, berkah untuk anda dan karyawan lainnya.

Jika dia adalah pimpinan dalam kantor Anda, berkah juga untuk Anda dan seluruh pegawai di Kantor Anda, baik di pemerintahan maupun swasta.

Pertama, Pemimpin itu harus cerdas. Sehingga dengan kecerdasan yang dimilikinya, dia dapat memimpin orang-orang pintar yang mungkin secara pendidikan maupun kemampuan akademiknya lebih hebat dari dirinya.

Baca Juga:  Sakit Melanda Negeriku Tercinta

Pemimpin yang cerdas, akan kelihatan seperti orang pintar. Dan dia akan dapat menyembunyikan ‘kebodohannya’.

Jauh lebih baik, Pemimpin itu selain cerdas juga pintar. Namun itu saja tidak cukup. Dia harus memiliki 7 karakter lainnya.

Jika Anda pemimpin atau Bos dalam sebuah perusahaan atau organisasi, dan hendak mengangkat pimpinan yang lebih rendah dari Anda, setidaknya dia memiliki kecerdasan. Agar tidak menjadi beban bagi Anda, justru akan membantu Anda mencapai tujuan organisasi.

Orang Cerdas, cenderung memiliki solusi.

Keduan Pemimpin itu harus bertanggungjawab. Terhadap berbagai hal yang dipimpinnya. Bahkan tanggungjawab itu, bukan hanya akan dievaluasi di dunia, pun di akherat kelak akan dimintai pertanggungjawabannya.

Pertanggungjawaban biasanya berkonotasi pada hasil yang negatif. Contoh, ketika ada karyawan yang tidak mencapai target dalam pekerjaannya. Maka, yang pertama diminta pertanggungjawabannya adalah pemimpinnya.

Apa yang sudah dia lakukan, sehingga targetnya tidak tercapai? Apakah dilakukan edukasi, dibantu membuat perencanaan yang matang, diarahkan bagaimana mencapai tujuan, lalu dilakukan evaluasi rutin agar tujuan kecilnya dapat dicapai, sehingga tujuan besar juga bisa dicapai. Kalau tidak, Anda harus bertanggungjawab duluan.

Bahkan dalam keprajuritan, tidak ada prajurit yang salah. Jendral lah yang harus bertanggungjawab. Komandan sepenuhnya harus turut terlibat. Kecuali, memang yang bersangkutan tidak menjalankan baik sebagian ataupun sepenuhnya arahan dari pimpinannya.

Pemimpin itu tidak boleh pengecut. Di Demo atau di protes anak buahnya lalu menghilang. Diprotes dan di demo rakyatnya, tidak berani menghadapi. Lebih jauh malah melakukan intimidasi.

Baca Juga:  Sakit Melanda Negeriku Tercinta

Sifat Pemimpin seperti ini, jauh dari kata Bertanggungjawab.

Ketiga, Pemimpin itu harus Jujur. Kejujuran yang dikelola dengan baik, akan lebih mendapatkan simpati. Daripada Kebohongan yang dihiasi dengan ucapan manis sekalipun.

Keempat, Pemimpin harus dapat dipercaya. Terutama dari sisi ucapannya. Dipercaya bahwa janjinya akan dilaksanakan.

Pemimpin yang bisa dipercaya akan mendapatkan kepercayaan publik yang lebih baik. Bahkan kata percaya itu, dalam bahasa Inggris di sebut to Trust atau believe, bahasa latin nya Credere dan kemudian ada juga yang menyebut Kredit. Sehingga Bank, memberikan Kredit, artinya memberikan kepercayaan kepada orang tersebut bahwa uang yang diberikannya akan dikembalikan.

Pemimpin yang dapat dipercaya, adalah modal dasar bagi para bawahan bahwa organisasinya akan mencapai tujuannya. Dia, akan mudah menggerakan seluruh energi dari masing-masing bagian dalam organisasi untuk bersama mencapai cita-cita bersama.

Pemimpin, harus jadi contoh. Dia adalah Leader, yang lainnya Follower.

Kelima, Pemimpin harus memiliki inisiatif. Dia bahwa harus menjadi problem solver semua masalah. Jangan mau jadi pemimpin, jika setiap masalah dikembalikan ke anak buahnya. Bahkan dengan dalih tanggungjawab yang diserahkan ke bawahannya, dia dengan enaknya cusi tangan.

Karena pemimpin itu kedudukannya lebih tinggi, dia harus bisa melihat lebih luas. Kemampuan analisa yang baik, akan memberikan inisiatif solusi yang lebih komprehensif.

Pemimpin seperti ini, akan jadi tumpuan anak buahnya dalam percepatan mencari solusi terbaik.

Keenam, Pemimpin itu harus Konsisten. Baik ucapan, perbuatan, maupun tulisannya.

Pemimpinan yang punya konsistensi yang baik, akan berbanding lurus dengan komitmennya untuk tetap menjadi yang terbaik.

Baca Juga:  Sakit Melanda Negeriku Tercinta

Ketujuh, Pemimpin itu harus Tegas. Tegas dalam mengambil keputusan, tegas dalam perencanaan, tegas dalam pelaksanaan, dan dia tegas ketika melakukan evaluasi terhadap pencapaian.

Bahkan dalam pepatah lama, seseorang yang jadi pemimpin itu harus yang sudah bisa marah.

Hal ini, karena kata tegas cenderung ke arah bahwa pemimpin harus berani memarahi anak buahnya yang tidak melakukan apa yang diperintahkannya.

Ketegasan ini, terkadang berbuah Rewards and Punishment. Pemimpin yang tidak tegas, akan menjadi bahan olok-olokan yang dimpimpinnya.

Kedelapan, pemimpin juga harus lugas. Kata ini menunjukan bahwa pemimpin yang baik, bukanlah dia yang suka berbelit-belit. Jika berbicara, to the point. Hal yang inti dan pokok yang menjadi bahasan. Tidak melebar kemana-mana.

Itulah kiranya, 8 karakter Pemimpin yang penting untuk diketahui dan jika anda saat ini sebagai pemimpin, berkacalah!. Bagi calon pemimpin, belajarlah. Dan bagi yang sedang dipimpin, berjuanglah untuk menjadi bawahan yang baik.

Karena bawahan yang baik, dapat menjada sikap dan tentu berprestasi akan memberikan efek baik kepada atasan Anda. Sehingga atasan anda tidak segan memberikan harga yang layak untuk orang baik seperti itu. Dia akan dibayar dengan promosi, ataupun pendapatan lebih baik.

Jadilah Great Leader, Pemimpin yang hebat akan melahirkan insan-insan hebat dalam pengelolaan anda. Selamat menjadi Pemimpin, jangan lupa Kepedulian. Kepedulian anda kepada anak buah anda, akan memberikan efek loyaliltas yang luar biasa.