Hayu Ka Sumedang, Wisata Sumedang 2022, Nikmati Kuliner Bariwisata!

Wisata Sumedang 2022 1
(foto: tangkapan layar dari virtualtour.sumedangkab.go.id)

JatiNetwork.Com – Hayu Ka Sumedang, ini sebuah slogan dan ajakan Wisata Sumedang 2022 kepada para wargi yang ingin menikmati indahnya alam Sumedang, yang disebut dengan Hets Paradijs Van Java atau Surga yang berada di Pulau Jawa.

Keindahan alam Sumedang telah membuat Pemerintah Kabupaten menetapkan Sumedang sebagai Kabupaten Pariwisata, sejak tahun 2020 yang lalu.

Puluhan destinasi wisata di Sumedang, sangat cantik dan menarik. Ditambah dengan suguhan kuliner ala Sunda, serta oleh-oleh khas Sumedang, tentu tidak asing bagi wargi.

Contohnya Tahu Sumedang, Salak Slebong, Mangga Gedong Gincu, Sawo Sukatali, Opak Oded, Hui Cilembu serta masakan Sunda.

Beberapa destinasi wisata di Sumedang, kemudian mengunggah tagline Kuliner Bariwisata maksudnya kuliner sambil berwisata. Ini menjadi tagline yang cukup membuat orang tersenyum, entah kenapa?

Destinasi Wisata Sumedang

Untuk menikmati wisata di Sumedang, destinasinya dimana saja. Anda tidak perlu repot-repot, cukup buka website Pemkab Sumedang virtualtour.sumedangkab.go.id atau buka WA KEPO pada nomor 081122202220 dan ketik sumedang simpati. Lalu Anda pilih sesuai dengan menu yang dibutuhkan.

Baca Juga:  BPJS Kesehatan Menyusahkan Rakyat, Daftar Saja Susah Bagaimana Dengan Layanan?

Ada Wisata Histori atau sejarah yakni Karaton Sumedang Larang, Museum Prabu Geusan Ulun, Gunung Kunci, serta Makam Cut Nyak Dhien.

Wisata bahari atau Air bisa di sekitar Waduk Jatigede, daerah Citengah Sumedang Selatan atau Cipanteneun Cimalaka serta Cipanas yang ada di daerah Cileungsing yang berada di anak kaki Gunung Tampomas, atau Kampung Ciherang di kawasan wisata Cijambu Tanjungsari Sumedang.

Ada pula destinasi wsiata olahraga ekstrim seperti Paralayang yakni di Bukit Toga dan Batudua, dan Pasir Cinta. Tempat ini pernah menjadi arena PON dan Lomba paralayang tingkat dunia.

Kampung Wisata Buricak Burinong, Masjid Al Kamil dan Menara Kujang Sapasang

Kini hadir pula destinasi wisata buatan yang baru-baru ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Namanya Kampung Wisata Buricak Buriong, yang terletak di desa Pakualam Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:  BPJS Kesehatan Menyusahkan Rakyat, Daftar Saja Susah Bagaimana Dengan Layanan?

Di lokasi ini, Anda bisa menikmati indahnya Waduk Jatigede dengan beberapa pulau ditengahnya.

Ada pula wahana untuk landing paralayang yang terjun dari tempat paralayang Pasir Cinta.

Jika anda datang menjelang fajar, bisa menikmati indahnya matahari terbit laksana di Raja Ampat.

Selain kampung wisata Buricak Burinong, juga ada masjid Al Kamil yang baru dibuka, dan Menara Kujang Sapasang yang masih dalam proses Pembangunan. Semoga tahun 2022 ini bisa selesai.

Lokasi Masjid Al-Kamil dan Menara Kujang Sapasang ini berada di Panenjoan Kecamatan Jatigede. Anda bisa masuk ke Jalan Lingkar Timur Jatigede, bari dari arah Tomo (Jalan Raya Bandung Cirebon) maupun dari Jatinunggal (bagi anda yang masuk dari Garut, Tasik, atau Majalengka sebelah Timur).

Akses Jalan

Pemerintah Kabupaten Sumedang sedang berupaya membangun akses menuju ke beberapa lokasi wisata.

Baca Juga:  BPJS Kesehatan Menyusahkan Rakyat, Daftar Saja Susah Bagaimana Dengan Layanan?

Akses utama ke Sumedang, kini didukung dengan adanya Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi – Sumedang – Dawuan). Anda bisa exit dari Gerbang Tol Pamulihan, dalam Kota Sumedang, maupun dari GT Cimalaka.

Beberapa jalan sudah dibangun dengan kondisi baik seperti di arah Cijambu Tanjungsari, pelebaran jalan ke arah wisata Citengah Sumedang Selatan, serta pembangunan dan pembukaan jalan Lingkar di sekitar Jatigede Sumedang.

Namun demikian, beberapa jalur jalan menuju lokasi wisata masih ada yang relatif kecil, dan susah untuk berpapasan.

Hal ini masih menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas PUTR Kabupaten Sumedang dan Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumedang.

Soo Nikmati saja dulu, termasuk perjalanan yang sempit. Hingga Sumedang benar-benar menjadi Destinasi Wisata Kelas Dunia.

Selamat menikmati hari libur lebaran, selamat menikmati indahnya Kabupaten Sumedang.***