Hari Purbakala Nasional 14 Juni, Bambang Rianto: Lindungi Peninggalan Purba di Sumedang

FotoJet 77 1655793090 125.163.29.247
Bambang Rianto: Selamat Hari Kepurbakalaan Nasional

JatiNetwork.Com – Mungkin banyak masyarakat yang tidak tahu tentang Hari Purbakala Nasional yang jatuh pada tanggal 14 Juni.

Tanggal ini dijadikan dasar perayaan Hari Purbakala, saat Pemerintah Hindia-Belanda membentuk Oudheidkundige Dienst yang disebut juga Dinas Purbakala atau Jawatan Purbakala pada 14 Juni 1913.

Dengan menghitung mundur, maka 2022, Indonesia merayakan Hari Purbakala yang ke-109.

Kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Sumedang, Bambang Rianto menyampaikan ucapan selamat Hari Purbakala Nasional yang ke 109.

“Selamat Hari Kepurbakalaan Nasional Yang Ke 109 yang jatuh pada tanggal 14 Juni 2022,” kata Bambang.

Baca Juga:  Wabup Erwan Tutup Rangkaian Safari Ramadan di Desa Cibungur Rancakalong

Bambang mengajak agar masyarakat dapat melindungi, kembangkan dan manfatkan, Peninggalan purba di kabupaten Sumedang,” ajaknya.

Bambang juga menyebut, peninggalan purba di Sumedang untuk pengembangan Ilmu Pengetahuan, Peningkatan ekonomi masyarakat, pengembangan kepariwisataan, dan lain sebagainya.

Pada tanggal 14 Juni 1913, Oudheidkundige Diens (Dinas Purbakala) secara resmi didirikan oleh Pemerintah Hindia-Belanda untuk mengerjakan dua tugas pokok dan fungsi sekaligus, yaitu fungsi pelestarian peninggalan purbakala dan fungsi penelitian arkeologi.

Sejak saat itu peristiwa tersebut, diperingati sebagai “HARI PURBAKALA” hingga saat ini.

Baca Juga:  Bupati Imbau Warga Tidak Lengah terhadap Covid-19 dan Bencana Alam

Semangat hari purbakala juga dijadikan momentum untuk memulai kegiatan “ekskavasi” (Archaeological excavation) lanjutan, oleh Bidang Kebudayaan DISPARBUDPORA terkait temuan fosil binatang purba di desa Jembarwangi dan Darmawangi.

Untuk diketahui, Sumedang memiliki tempat yang merupakan penemuan Gajah Purba Stegodon. Di lokasi ini, ditemukan fosil yang berumur sekitar 2 juta tahun yang lalu. ***