Hari Keempat Puluh Perang Antara Rusia dan Ukraina (1)

Zelensky dan Putin
Hari Keempat Puluh Perang antara Rusia dan Ukraina.

Jatinetwork.Com – Perang antara Rusia dan Ukraina telah memasuki hari keempat puluh, sejak 24 Februari 2022 pagi.

Berikut berbagai catatan tetang perang dan reaksi di dunia:

Invasi militer skala penuh Rusia ke Ukraina telah berlangsung sejak 24 Februari 2022. Pasukan Rusia melakukan serangan udara terhadap infrastruktur militer dan sipil utama.

Penembakan daerah pemukiman dilakukan dengan menggunakan artileri, sistem peluncuran roket ganda dan rudal balistik. Rusia menyangkal bahwa mereka mengobarkan perang agresif melawan Ukraina di wilayahnya dan menyebutnya sebagai “operasi khusus.”

Baca Juga:  Eropa Akan Investigasi Kejahatan Perang Rusia di Bucha, Ukraina

Ukraina dan tentara Ukraina terus melawan hari keempat puluh.

Pembunuhan Warga Sipil di Bucha

Jaksa dan polisi di wilayah Kiev menemukan lima warga sipil yang dibunuh oleh militer Rusia di ruang bawah tanah sanatorium anak-anak di Bucha, kata Kantor Kejaksaan Agung Ukraina pada 4 April.

“Di ruang bawah tanah salah satu sanatorium anak-anak, petugas penegak hukum menemukan mayat lima pria dengan tangan terikat. Prajurit angkatan bersenjata Federasi Rusia menyiksa warga sipil tak bersenjata dan kemudian membunuh mereka,” kata laporan itu.

Baca Juga:  Hari Keempatpuluh Perang Antara Rusia dan Ukraina (2) : Inggris Kucurkan Bantuan Hampir 200 Miliar Rupiah Ke Ukraina

Petugas penegak hukum Ukraina membuka proses pidana atas pelanggaran hukum dan kebiasaan perang. Manajemen prosedural dilakukan oleh Kantor Kejaksaan Wilayah Kiev dan Kantor Kejaksaan Distrik Wilayah Kiev.

“Jaksa dan polisi sedang bekerja di TKP. Semua tindakan sedang diambil untuk menetapkan keadaan dari setiap kejahatan perang dan orang-orang yang terlibat dalam agresi Rusia untuk membawa mereka ke pengadilan,” lapor Kantor Kejaksaan Agung Ukraina.***