Hadapi Cuaca Ekstrem, Bupati Minta Camat dan Kades Waspadai Potensi Bencana

Hadapi Cuaca Ekstrem Bupati Minta Camat dan Kades Waspadai Potensi Bencana
Bupati meminta kepada seluruh para Camat, Kades dan Lurah di Kabupaten Sumedang untuk mewaspadai potensi terjadinya bencana di wilayahnya masing-masing.

JatiNetwork.Com – Bupati meminta kepada seluruh para Camat, Kades dan Lurah di Kabupaten Sumedang untuk mewaspadai potensi terjadinya bencana di wilayahnya masing-masing.

Instruksi tersebut ia sampaikan saat menghadiri Silaturahmi Idul Fitri 1444 H/2023 M di lingkungan Pemerintah Kecamatan Sumedang Selatan, Rabu 3 Mei 2023.

“Semua diminta waspada, para SKPD, Camat, Kades dan Lurah untuk siaga menghadapi cuaca ekstrem,” tuturnya.

Menurut prediksi BMKG, lanjutnya, hujan lebat dan petir masih berlangsung hingga Mei 2023 dan berpotensi terjadinya banjir dan longsor.

Baca Juga:  Ketua DPRD Sumedang Dukung Dewan Kebudayaan Sumedang Punya Kantor Sendiri

“Pertama, di Cadas Pangeran longsor mal itu. Alhamdulillah BPBD, TNI dan Polri turun langsung. Malam sampai jam 1 saya masih menginstruksikan BPBD, PU dan Dishub karena di Sukapura Wado ada tanggul jebol,” tuturnya.

Akibat kejadian tersebut, lalu lintas di Jalan Lingkar Barat Jatigede pun tertutup sehingga ia pun mengerahkan semua unsur untuk menanganinya.

“Ada tiang listriknya jatuh. Jalan tertutup. Kita kerahkan lagi aparat Pemda, TNI dan Polri. Kemudian tadi pagi dapat WA di pinggir sungai di Cieunteung Darmaraja ada rumah tergerus air,” ujarnya.

Baca Juga:  Wabup Ingatkan Masyarakat Agar Teliti Pilih Lembaga Peminjaman Uang

Oleh karena itu, ia meminta camat, Kades dan lurah selaku kepala wilayah agarselalu hadir dan melakukan cek dan ricek setiap ada laporan potensi bencana dari masyarakat.

“Dengan kondisi ini, saya minta tolong betul-betul. Kita harus hadir di tengah-tengah masyarakat, cek dan ricekĀ  terutama mitigasi bencana,” katanya.

*Baca Terus Yang Penting dan Ikuti JatiNetwok.Com di Google News!