Good Mining Practices Award 2022, Diborong PT MHU Sebagai Apresiasi Pemerintah Kepada Perusahaan Pertambangan

GMPA 2022 2 min
Apresiasi Pemerintah Kepada Perusahaan Pertambangan Dengan Good Mining Practice Award 2022

JatiNetwork.Com – PT Multi Harapan Utama (MHU) memborong penghargaan dari Pemerintah dalam Good Mining Practices Award 2022, di Hotel Bidakara Jakarta pada kamis 29 September 2022.

Good Mining Practise Award 2022 adalah Prestasi Keberhasilan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik, sebagai apresiasi Pemerintah Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Prestasi Keberhasilan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik atau Good Mining Practice Award 2022, bertujuan agar badan usaha pemegang izin usaha pertambangan memiliki motivasi yang konsisten dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik.

Sehingga, kegiatan pertambangan akan berjalan dengan optimal, efisien serta mengutamakan keselamatan dan berwawaskan lingkungan.

Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang telah melakukan upaya untuk menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik.

Baca Juga:  Ini Sejarah Hari Persatuan Perawat Nasional Indonesia, serta Link Twibbon Selamat Hari jadi PPNI Ke-48

MHU Borong Award

PT Multi Harapan Utama (MHU) Salah satu perusahaan yang mendapatkan Good Mining Practices Award 2022.

MHU sukses meraih 1 penghargaan tropi tertinggi, 4 penghargaan aditama dan 1 penghargaan pratama.

Berikut rincian penghargaan yang diraih oleh MHU:

  1. Predikat Aditama (emas) dan penghargaan tertinggi (tropi) untuk aspek Keselamatan Pertambangan,
  2. Predikat Aditama untuk aspek Pengelolaan Teknik Pertambangan
  3. Peringkat Aditama untuk aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan
  4. Peringkat Aditama untuk aspek Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan
  5. Peringkat Pratama untuk aspek Konservasi Batubara.

Dengan demikin, dari penghargaan yang didapatkan tersebut, MHU membuktikan jika pihaknya telah melaksanakan kegiatan pertambangan dengan memenuhi kaidah pertambangan yang baik.

Direktur MHU Achmad Zuhraidi, menyampaikan bahwa pihaknya selalu menjadikan kaidah pertambangan yang baik sebagai pedoman dalam kegiatan operasi yang dilakukan perusahaan.

Baca Juga:  Asisten Operasi Panglima TNI Gelar Pemeriksaan Kesiapan Operasi 450 Prajurit Yonif Raider 301/PKS Ke Papua

“Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah menyusun guidence yang membantu operasi penambangan agar berjalan dengan efektif, efisien dan optimal,” ujar Zuhraidi.

Tak hanya itu, Zuhraidi juga menambahkan bahwa operasi pertambangan yang mendepankan faktor keselamatan merupakan kunci dari keberlanjutan operasi perusahaan.

“Hal itu tentu diimbangi dengan aspek-aspek pendukung lain, bagaimana kita melakukan pengelolaan lingkungan hidup, inisiasi konservasi, standarisasi usaha jasa, pengawasan teknis, serta pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sekitar,” paparnya.

Zuhairdi berharap, melalui penghargaan tersebut dapat memotivasi MHU dan seluruh pihak terkait agar terus meningkatkan kinerja operasinya.

“Apresiasi ini adalah bonus sekaligus pelecut bagi kita semua untuk terus memacu semangat dan berlomba-lomba menjadikan kaidah pertambangan yang baik sebagai bagian dari fungsi strategis dan inovatif perusahaan,” ungkap Zuhraidi.

Baca Juga:  Kasus Pelumuran Kotoran Manusia Kepada Penista Agama Memasuki Babak Baru, Irjen Napoleon Bonaparte Jalani Sidang Perdana

Sementara itu, MHU sendiri adalah perusahaan yang ditunjuk oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk melakukan kegiatan pertambangan (eksplorasi dan operasi produksi) batu bara.

Wilayah operasi MHU sendiri, terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. ***