Forkopimda Ikuti Rakornas Inflasi, Berikut Kata Mendagri

Forkopimda Ikuti Rakornas Inflasi Berikut Kata Mendagri
Erwan Setiawan bersama Forkopimda mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi di Daerah secara virtual

JatiNetwork.Com – Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan bersama Forkopimda mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi di Daerah secara virtual yang digelar Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dari Jakarta, Senin 17 April 2023.

Adapun Wabup beserta Forkopimda di Command Center Sumedang, Lantai 3 Setda, PPS.

Rakor dipimpin langsung oleh Mendagri Tito Kanavian bersama lintas Kementerian, para kepala daerah dan unsur Forkopimda se-Indonesia juga membahas mengenai Rancangan Undang-undang (RUU) Kesehatan.

Mendagri Tito Karnavian menjelaskan, secara global inflasi Indonesia berdasarkan trading economic sebesar 4,97 persen atau berada di peringkat ke-46 dari 186 negara yang masuk inflasi rendah dan terkendali.

Baca Juga:  Mukab Kadin VIII Sumedang: Jitom Terpilih Aklamasi, Usung Misi Untuk Hargai Profesi Warga Sumedang

“Rasa syukur dan apresiasi atas kerja sama dan kolaborasi yang telah dilakukan pemerintah pusat dan daerah dalam penanganan inflasi di daerah yang sampai saat ini dapat ditangani dengan baik,” ujarnya.

Terkait sosialisasi RUU Kesehatan yang saat ini dalam pembahasan di DPR RI, ia meminta Pemda untuk menghadirkan transformasi kesehatan setelah RUU tersebut disahkan.

“Kami kira harus mendukung sepenuhnya transformasi kesehatan karena memang masih banyak sekali permasalahan di bidang kesehatan,” katanya.
Ia pun meminta agar Rakor tersebut ditindaklanjuti  di masing-masing Provinsi dengan menggelar rapat yang dipimpin oleh gubernur dan diikuti oleh para kepala daerah.

Baca Juga:  Babak Baru Kasus Suhendra dan Roy Mahendra, Dia Menolak Keterangan Para Saksi

“Saya imbau para gubernur  menggelar rapat bersama bupati dan walikota di wilayahnya guna membahas tindak lanjut yang perlu dikerjakan atas terbitnya regulasi tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Wabup Erwan menyampaikan, Rakor dengan Kemendagri ini lebih menekankan kepada daerah untuk menyiapkan langkah strategis menghadapi inflasi di bulan April 2023 menjelang Lebaran 1444 Hijriah, termasuk meminta kepada daerah agar intens melakukan untuk memantau kelangkaan-kelangkaan pangan yang ada di daerah kita masing-masing.

“Jika itu terjadi, maka daerah sudah harus melakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait, termasuk juga dengan tingkat provinsi dan pusat untuk penanganan masalah tersebut,” katanya.

Baca Juga:  Jelang Lebaran, Sahabat Bang Ara Sumedang Gelar silahturahmi dan Bagikan 1000 paket lebaran

*Baca Terus Yang Penting dan Ikuti JatiNetwok.Com di Google News!