Ini Upaya DPKP Sumedang Tingkatkan Produktivitas Hasil Pertanian Tembakau

Alat Pertanian Now
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang memberikan bantuan peralatan pertanian untuk anggota APTI

JatiNetwork.Com – Dalam upaya mendorong peningkatan produktivitas pertanian tembakau di wilayah Kabupaten Sumedang, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Sumedang, telah menyalurkan bantuan sarana prasarana (sapras) pertanian kepada 27 kelompok tani tembakau.

Bantuan sarpras yang telah disalurkan kepada puluhan kelompok tani anggota Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Sumedang ini, diantaranya bantuan traktor roda 2 sebanyak 5 unit, cultivator sebanyak 10 unit, pompa air 3 inch sebanyak 7 unit, dan mesin babat rumput sebanyak 5 unit.

Seperti yang disampaikan Kepala DPKP Kabupaten Sumedang H. Sajidin, melalui Diki Sudarma selaku pejabat fungsional alat mesin pertanian pada Bidang Sarana Prasarana Pertanian, Kamis, 4 Mei 2023.

Baca Juga:  Bank bjb Sumedang dan Pemda: Sinergi untuk Kemajuan Desa dengan Kejutan Istimewa

Diki menyebutkan, bantuan alat mesin pertanian yang disalurkan ini, diharapkan dapat mendukung terhadap peningkatan produktivitas usaha masyarakat pada sektor pertanian tembakau.

“Jadi bantuan alat mesin pertanian ini, khusus untuk para petani tembakau. Soalnya sumber anggraran yang digunakannya juga bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Kabupaten Sumedang tahun 2023 sebesar Rp 340 juta,” kata Diki.

Diki menuturkan, semua bantuan sapras ini tentunya telah disesuaikan dengan kebutuhan para petani tembakau, untuk memudahkan mereka dalam melakukan pengolahan lahan pertanian.

Baca Juga:  Ketua Baznas Sumedang: Didukung Pemda, Gerakan Cinta Zakat Terus Berkembang

“Bantuan ini, sebagai bentuk dukungan Pemda Sumedang dalam mendorong peningkatan produktivitas pertanian.
Harapannya, usaha pertanian tembakau di Sumedang bisa terus meningkat, sehingga perekonomian para petani juga ikut meningkat,” ujar Diki.

Dengan adanya bantuan alat mesin pertanian ini, sambung Diki, maka akan lebih memudahkan para petani tembakau dalam mengolah lahan pertanian, sehingga proses pengolahan pertanian juga bisa lebih cepat dan efisien.
Diki juga berpesan kepada para kelompok tani, supaya dapat memanfaatkan bantuan alat pertanian ini dengan sebaik mungkin untuk kemajuan usaha pertanian di wilayah Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:  Ketum Jaber Akui Sumedang Makin Lama Makin Keren

“Akhir-akhir ini tenaga kerja di sektor pertanian sudah mulai sulit, namun dengan adanya bantuan ini tentu akan lebih mengefisienkan waktu dan tenaga para petani dalam melakukan pengolahan lahan. Jadi tolong pelihara bantuan alat pertanian ini dengan sebaik mungkin,” tutur┬áDiki. ***

*Baca Terus Yang Penting dan Ikuti JatiNetwok.Com di Google News!