Bupati Sumedang Dan Gubernur Jabar Monitor Tol Cisumdawu: Hasilnya? Mudik Bisa Digunakan, Tapi

Tol Cisumdawu Now
Gubernur Jawa Barat, Wakapolda Jabar dan Bupati Sumedang saat konferensi Pers persiapan arus mudik Idul Fitri 1444 H untuk melalui Tol Cisumdawu

Jatinetwork.Com – Guna memastikan Tol Cisumdawu bisa dipergunakan untuk arus mudik Lebaran 1444 H, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Wakapolda Brigjen. Pol Bariza Sulfi dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir beserta jajaran CKJT melaksanakan monitoring pembangunan Tol Cisumdawu.

Rombongan bergerak dari Kantor CKJT yang berada di Exit Tol Sumedang Kota menelusuri sampai ke Pembangunan Tol Cisumdawu Fase 4 yang berada di Conggeang.

Gubernur Ridwan Kamil dalam keterangnya mengatakan, Tanggal 15 April 2023 Tol Cisumdawu sudah bisa tembus ke arah Tol Cipali sehingga sudah bisa digunakan.

“Jadi berita baiknya Tol Cisumdawu sudah tembus ke Tol Cipali hanya masih bersifat satu arah,” kata Gubernur.

“Masyarakat yang mau ke arah Jakarta ke kiri masih boleh dan ke kanan ke arah Cirebon. Mulai satu arahnya dari Exit Tol Cimalaka menuju ke arah Tol Cipali,” ucapnya.

Baca Juga:  Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022 Pada dikdin.bkn.go.id

Dikatakan Gubernur, setelah tanggal 18 April 2023 ruas jalan ke arah Jakarta akan ditutup, karena tol Cipali pun disatuarahkan dari arah Jakarta sehingga satu arah menuju Cirebon dan ke Jawa Tengah.

“Nanti di arus balik pun juga sama. Satu arah yang mau ke priangan, Sumedang, Bandung belok kiri ke arah Tol Cisumdawu. Nanti di Cimalaka bisa dua arah lagi,” tuturnya.

Sesuai arahan dari Menteri PUPR, Gubernur berharap di bulan Mei 2023, Tol Cisumdawu 100 persen sudah bisa berfungsi.

“Mungkin bulan Juni diresmikan oleh Presiden. Ini perjalanannya panjang sekali, 13 tahun dari proses gagasan, perencanaan, pembebasan dan diakselerasi di lima tahun terakhir,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemda Jamin Kepesertaan Jamsostek Kader Posyandu

Dalam pelaksanaannya, lanjutnya, banyak upaya percobaan dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan di lapangan mengingat medannya yang luar biasa.

“Kita bisa lihat di lapangan kondisi geologisnya luar biasa sehingga banyak eksperimen teknologi dilakukan sebagai solusi untuk kelancaran pembangunan,” ucapnya

Gubernur juga menjelaskan, sebagai persiapan menjelang mudik, disediakan rest area sementara dan fasilitas lainnya.

“Jadi nanti bisa beristirahat. Tetapi jangan terlalu lama-lama. Kita tidak ingin orang kelelahan terjadi kecelakaan. Maka disediakan rest area darurat menggunakan ruas jalan di sisi. Jam operasional tolnya pun yang arah dari Cimalaka menuju Tol Cipali dibuka dari jam 6 pagi sampai jam 3 sore,” jelasnya.

Baca Juga:  Situasi Terkini Arus Balik Lebaran 2022 Di Pintu Tol Cisumdawu Seksi 2 Kota Sumedang

Sementara itu, Bupati Dony Ahmad Munir dalam kesempatannya merasa bersyukur dan berbahagia Jalan Tol Cisumdawu bisa dibuka dan fungsional.

“Jalan tol bisa dibuka yang dapat melayani para pemudik dan bisa lebih cepat mencapai tujuan. Alhamdulillah disiapkan rest area sepanjang 1,2 Kilometer untuk pemudik di sekitar Cisumdawu ini,” katanya.

Menurutnya, rest area tersebut akan diisi oleh UMKM Sumedang dan pihak CKJT sangat memberikan peluang yang terbuka.

“Kita akan isi rest area sementara ini oleh UMKM Sumedang untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik yaitu di sekitar Conggeang nanti rest area nya,” ucapnya.

*Baca Terus Yang Penting dan Ikuti JatiNetwok.Com di Google News!