Bupati Apresiasi Positif Sosialisasi Pengawasan Pengelolaan Dana Desa BPK RI

Bupati Apresiasi Positif Sosialisasi Pengawasan Pengelolaan Dana Desa BPK RI
upati H Dony Ahmad Munir berterima kasih kepada BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

JatiNetwork.Com – Bupati H Dony Ahmad Munir mengucapkan terima kasih kepada BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat yang telah menjadikan Sumedang sebagai tempat sosialiasi Optimalisasi Peran Tugas dan Fungsi BPK dan DPR dalam Pengawasan Pengelolaan Dana Desa.

Apresiasi tersebut disampaikan olehnya saat membuka kegiatan yang diikuti oleh para Ketua (Badan Pemusyawaratan Desa) BPD se-Kabupaten Sumedang di Graha Asia Plaza Sumedang, Rabu 12 April 2023.

“Terima kasih. Dengan momentum ini, kita akan mendapatkan berbagai informasi yng nantinya akan menginspirasi kita dalam menjalankan tugas selaku BPD yang akn bermuara kepada peningkatkan pengawasan yang baik sehingga berdampak kepada kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Dony.

Baca Juga:  Jelang Akhir Masa Jabatan, Wabup Minta Doa Agar Husnul Khotimah

Bupati menambahkan, BPD merupakan instrumen di desa dalam menggali, menampung, mengelola dan menyalurkan aspirasi masyarakat sehingga melalui
sosialisasi tersebut diharapkan mampu menjadi tempat untuk belajar dan menambah ilmu pengetahuan para Ketua BPD.

“Pengetahuan, pengalaman dan jaringan bisa didapatkan formal maupun nonformal. Salah satunya melalui kegiatan sosialisasi seperti ini,” ucap bupati.

Bupati menyebutkan, Kabupaten Sumedang telah memiliki terobosan baru atau inovasi di bidang pengawasan diantaranya implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Desa (SAKIP Desa) dan implementasi pembangunan Zona Intergitas Desa (ZI Des).

Baca Juga:  Regional Director Tokio Marine Jawa Barat Apresiasi Soft Launching STO Sumedang

“Inovasi tersebut sebagai alat dan pedoman bagi Pemerintah Desa dalam mewujudkan Good Governance dan Clean Government menuju aparatur pemerintahan desa yang bersih dan bebas dari KKN, meningkatnya pelayanan prima serta meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja desa,” jelasnya.

Untuk mengetahui seberapa besar atau tingkat implementasi inovasi tersebut, dijelaskan Bupati, secara berkala dilaksanakan evaluasi melalui tool Lembar Kerja Evaluasi (LKE) melalui Inspektorat Daerah Kabupaten Sumedang.

Bupati berpesan kepada para peserta untuk menjadikan kegiatan tersebut sebagai dialog yang positif untuk bersama-sama mendorong optimalisasi transparansi dan akuntabilitas pengelolaan Dana Desa.

Baca Juga:  Sumedang Sabet Dua Penghargaan Nasional di Perayaan Hari Otonomi Daerah

“Diharapkan kegiatan ini mampu meningkatnya pemahaman dan dukungan masyarakat terhadap peran BPK dan DPR dalam melaksanakan pengawasan pengelolaan Dana Desa serta meningkatnya mutu hubungan kelembagaan BPK dengan pemangku kepentingan,” ujar Bupati.

Selain Bupati Sumedang, hadir sebagai narasumber sosialisasi, Komisi XI DPR RI H. Jefry Romdonny dan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat Paula Henry Simatupang.

*Baca Terus Yang Penting dan Ikuti JatiNetwok.Com di Google News!