Buntut Pembantaian Warga Bucha Ukraine oleh Rusia, Duta Besar Rusia Di Usir Dari 2 Negara Ini

Zelensky dan Putin
Hari Keempat Puluh Perang antara Rusia dan Ukraina.

JatiNetwork.Com – Di hari keempat puluh perang antara Rusia dan Ukraina, Lithuania dan Latvia menarik duta besar mereka dari Rusia dan memerintahkan duta besar Rusia untuk meninggalkan Vilnius dan Riga, lapor Present Time , mengutip media lokal.

Pemerintah Lituania juga memutuskan untuk menutup konsulat Rusia di Klaipeda.

Menteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis mengatakan bahwa Lithuania telah memberi tahu mitranya di UE dan NATO tentang keputusan ini, mendesak mereka untuk mengambil tindakan serupa.

Menteri Luar Negeri Lithuania menjelaskan bahwa keputusan untuk mengurangi tingkat perwakilan diplomatik dibuat “sebagai tanggapan atas agresi Rusia yang sedang berlangsung terhadap Ukraina dan kekejaman yang dilakukan oleh angkatan bersenjata Rusia di berbagai kota Ukraina yang diduduki, termasuk pembantaian yang melemahkan di Bucha.”

Baca Juga:  Google Doodle 8 Maret, Rayakan Hari Perempuan Internasional 2022

Pihak berwenang Ukraina menuduh militer Rusia membunuh warga sipil di wilayah Kiev . Mayat orang mati ditemukan di Bucha Ukraine dan pemukiman lainnya setelah penarikan pasukan Rusia, yang menguasai beberapa kota dan desa di wilayah Kiev selama beberapa minggu.

Foto-foto orang mati dalam pakaian sipil, kadang-kadang dengan tangan terikat, diterbitkan oleh kantor berita Barat, khususnya Reuters , AFP .

Para pemimpin Barat telah menyerukan penyelidikan atas kejahatan perang Rusia di Ukraina dan bagi mereka yang bertanggung jawab untuk dihukum.***

Baca Juga:  Bagaimana Komunis di Rusia Saat ini dan Kenapa Rusia Pernah Menjadi Negara Komunis?