Bangun Kesadaran Pentingnya BPJS Ketenagakerjaan, Sumedang Masuk Nominator Paritrana Award

Patriana Award

JatiNetwork.Com – Kabupaten Sumedang menjadi salah satu kandidat nominator penerima Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Paritrana Award Tahun 2023.
Paritrana Award bertujuan untuk membangun kesadaran akan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan dan memperluas cakupan kepesertaan melalui dukungan pemerintah daerah, perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya.

Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman mengikuti proses penilaian wawancara sekaligus mempresentasikan bahan paparan terkait jaminan sosial ketenagakerjaan Kabupaten Sumedang secara daring di Command Center Sumedang, Kamis (1/2/2024).

Herman menyebutkan, jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan salah satu prioritas Kabupaten Sumedang sebagaimana termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Sumedang tahun 2005-2025.

Baca Juga:  Pj Bupati Sumedang Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Angin Puting Beliung di Jatinangor dan Cimanggung

“Kami dorong setiap tahunnya, untuk mengatasi persoalan belum optimalnya kepesertaan jaminan sosial dengan payung RPJPD,” katanya.

Menurut Herman, tahun 2021 kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan masih di kisaran 26,64%. Kemudian tahun 2022 bisa menembus di angka 34,04% dan tahun 2023 menjadi 37,02%.

“Kami harapkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di tahun 2024 bisa mencapai 58,35%,” katanya.

Herman menambahkan, Pemerintah Kabupaten Sumedang juga memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja seperti RT, RW, Kader Posyandu, Guru Ngaji, Guru Paud, Guru Honorer dan Pegawai Non ASN Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:  Perjalanan Pasca Gempa Sumedang, Pj Bupati Putuskan Akhir Masa Tanggap Darurat, dan Sumedang Fokus Ke Tahap Transisi

“Kami juga memberikan perlindungan jaminan sosial kepada 100 tenaga kerja per desa, penyelenggara pemilu, pemanfaat Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) untuk LINJAMSOS Ketenagakerjaan. Stimulus pembayaran tenaga kerja per desa sebesar 20% dari APBD,” katanya..

Herman berharap dengan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini, masyarakat Sumedang merasa nyaman dalam melaksanakan tugas, karena seluruh resiko kecelakaan telah dijamin pemerintah.

“Karena saya harapkan ultimate goalsnya yaitu meningkatnya kesejahteraan masyarakat yang pada akhirnya bisa juara di hati masyarakat,” katanya. ***

Baca Juga:  Hadapi Lebaran 1444 H, Pemda Sumedang Gelar Rakor

Dapatkan Update Berita, Informasi Terkini dan BreakingNews setiap hari dari JatiNetwork.Com (JNC). Mari bergabung dengan “Google.News – JNC“, caranya klik “Google News“, lalu klik mengikuti!.