Apdesi Sumedang ke Gedung Negara: Bahas Masa Jabatan dan Tunjangan Desa

Bupati dan Apdesi
Pj Bupati Sumedang Drs. H. Yudia Ramli, M.Si dan Ketua DPC Apdesi Sumedang Welly Sanjaya, di Gedung Negara 14 Mei 2024

JatiNetwork.Com – DPC Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Sumedang, yang dipimpin oleh Welly Sanjaya, mengunjungi Gedung Negara untuk bertemu dengan Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli pada Selasa (14/05/2024).

Kunjungan ini tidak hanya sebagai ajang silaturahmi, tetapi juga untuk membahas berbagai isu penting terkait revisi Undang-Undang Desa No. 6 Tahun 2024 yang telah disetujui DPR RI.

“Beberapa poin yang berubah dalam UU Desa itu hingga saat ini tidak menemui kejelasan. Itu berkaitan masa jabatan, kewenangan desa, kesejahteraan perangkat desa, serta dana desa,” ujar Welly Sanjaya.

Dalam pertemuan tersebut, Welly meminta agar segera dikeluarkan Surat Keputusan perpanjangan masa jabatan kepala desa di Kabupaten Sumedang dari yang semula 6 tahun menjadi 8 tahun.

Baca Juga:  Pj. Bupati Herman Suryatman Mengikuti Talkshow #Demi Indonesia, Cedas Memilih

“Masalah periodesasi menjadi hal yang urgen disetujui, dimana dalam perkembangan saat ini sudah berkembang masa jabatan 8 tahun. Namun sesungguhnya tidak ada yang berbeda sebab hanya berlaku 2 periode,” jelas Welly.

Selain itu, Welly mengharapkan agar tunjangan kepala desa dan perangkat desa yang saat ini dibayarkan setiap tiga bulan sekali bisa kembali dibayar setiap bulan.

Ia juga meminta agar Jamkesda, yang sudah lama dihilangkan, dapat dikembalikan untuk masyarakat yang membutuhkan fasilitas kesehatan tersebut.

Menanggapi hal ini, Pj Bupati Yudia Ramli menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten sedang berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait untuk merealisasikan harapan-harapan yang disampaikan Apdesi.

Baca Juga:  KPU Sumedang Gelar Rekrutmen Badan Ad Hoc, Ini Persyaratan dan Cara Pendaftarannya

“Untuk kebijakan mengenai perpanjangan jabatan, kita sedang dibahas di Bagian Hukum. Begitu juga kebijakan lainnya dibahas dengan perangkat daerah terkait untuk segera direalisasikan,” tutur Yudia.

Yudia juga mengapresiasi Apdesi Sumedang yang telah bekerja keras dalam membangun Kabupaten Sumedang. Ia mengajak seluruh kepala desa di Sumedang untuk berperan aktif dalam mengurangi angka kemiskinan ekstrem guna mencapai target nol persen.

“Saya harapkan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Sumedang bisa tercapai pada Desember 2024, salah satunya dengan peran Apdesi di dalamnya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Peringatan Isra Mi'raj dan Doa Bersama untuk Pemilu Damai

Kunjungan ini menunjukkan komitmen Apdesi Sumedang dalam memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan desa serta berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Dengan adanya komunikasi yang baik antara Apdesi dan Pemerintah Kabupaten, diharapkan berbagai kebijakan dapat segera terealisasi demi kemajuan bersama.***

Dapatkan Update Berita, Informasi Terkini dan BreakingNews setiap hari dari JatiNetwork.Com (JNC). Mari bergabung dengan “Google.News – JNC“, caranya klik “Google News“, lalu klik mengikuti!.