Lowongan Kerja
Dibutuhkan Jurnalis, silakan kirimkan lamaran Anda ke : jatinetworkindonesia@gmail.com

Ada Hikmah di Balik Musibah, Ini Titik Balik RSUD Sumedang Paska Ibu dan Anak Meninggal Dalam Proses Persalinan

RSUD Sumedang
Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman saat memberikan arahan titik balik paska musibah yang mengakibatkan ibu dan anak meninggal dunia dalam proses persalinan di RSUD Sumedang

JatiNetwork.Com – Dalam setiap tragedi, seringkali terdapat pelajaran berharga yang muncul di balik kepahitan. RSUD Sumedang adalah saksi dari musibah yang mengguncang hati banyak orang, ketika seorang ibu dan anaknya meninggal dalam proses persalinan.

Namun, dari tragedi yang menyedihkan itu, RSUD Sumedang menemukan hikmah dan titik balik dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Pada Senin, 9 Oktober 2023, Pj Bupati Herman Suryatman mengunjungi RSUD Sumedang untuk berbagi pandangan dan memberikan dorongan semangat. Dalam pertemuan itu, Pj Bupati menegaskan pentingnya memahami nilai-nilai filosofis dalam pelayanan kesehatan, seperti yang terkandung dalam moto “Insun Medal Insun Madangan,” yang berarti “Lahir untuk menerangi.”

Baca Juga:  Menjadi Ketua KPU Sumedang Untuk Periode Kedua, Ogi Ahmad Fauzi: Alhamdulillah…

Spirit ini mewakili komitmen tertinggi untuk menerangi kehidupan dengan pelayanan yang tak pernah mengecewakan.

Selanjutnya, Pj Bupati menggarisbawahi pentingnya keramahan, kecepatan, dan kecermatan dalam memberikan pelayanan kesehatan. Ini bukan hanya menjadi tugas staf medis, tetapi juga tanggung jawab semua individu di RSUD Sumedang, mulai dari petugas OB hingga direktur.

Semua prosedur telah diatur dalam Standard Operating Procedures (SOP), yang harus diperiksa kembali dan disesuaikan agar tetap sederhana dan efisien.

Lebih dari sekadar dokumen tertulis, SOP adalah pedoman yang mengarahkan pelaksanaan dan implementasi pelayanan kesehatan.

Baca Juga:  Ketua BPD se-Sumedang Ikuti Sosialisasi Pengawasan Pengelolaan Dana Desa

Pj Bupati mengimbau kepada direktur RSUD untuk membuat SOP yang lengkap namun simpel, sehingga setiap langkah bisa dilakukan dengan tepat dan efektif.

Dengan semangat “Insun Medal Insun Madangan,” keramahan yang ditingkatkan, dan SOP yang diperbarui, RSUD Sumedang telah menemukan titik baliknya.

Harapannya adalah bahwa rumah sakit ini akan menjadi yang terbaik di Jawa Barat, bahkan tingkat nasional. RSUD Sumedang bertujuan untuk menjadi rumah sakit yang hijau dan cerdas, dengan fokus pada pelayanan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Baca Juga:  Duh, Sudah Lapuk Tertimpa Pohon Kelapa! Rumah Nenek 75 Tahun Hancur di Rancakalong

Dalam musibah yang menyedihkan, RSUD Sumedang telah menemukan hikmahnya, yaitu tekad untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik, cepat, dan murah kepada masyarakat. Sebuah titik balik yang memacu perubahan dan memberikan harapan bagi semua yang terlibat dalam upaya ini. Semoga langkah-langkah ini membawa RSUD Sumedang menuju masa depan yang lebih baik, di mana kesehatan masyarakat menjadi prioritas utama.