432 Calon Haji Sumedang Berangkat Menuju Tanah Suci

Haji sumedang
Pj Bupati Sumedang Drs. H. Yudia Ramli, M.Si melepas calon Jemaah haji asal Sumedang


JatiNetwork.Com – Sebanyak 432 jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Sumedang diberangkatkan menuju Tanah Suci Mekkah pada Sabtu (18/5/2024). Pelepasan kloter pertama jemaah haji ini dilakukan oleh Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, di Gedung Negara Sumedang.

Dalam sambutannya, Yudia Ramli menyampaikan rasa syukur dan kebahagiaan bagi para JCH yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Alhamdulillah, setelah melewati perjalanan panjang penuh penantian dan persiapan, para JCH kini siap diberangkatkan menuju Tanah Suci,” ujarnya.

Yudia mengingatkan bahwa ibadah haji merupakan sebuah amanah yang mulia dan penuh hikmah.

“Ibadah haji adalah rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu. Banyak hikmah yang dapat dipetik setelah melaksanakannya, salah satunya yaitu Allah SWT berjanji untuk menghapuskan seluruh dosa-dosa para jemaah sejak dilahirkan sampai selesai melaksanakan haji,” terangnya.

Baca Juga:  Tembus 400 Lebih Pasien Aktif Covid Sumedang, Bagaimana Dengan Vaksinasi Covid Booster?

Sebelum keberangkatan, Yudia berpesan kepada para JCH untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik selama di tanah suci.

“Patuhi semua peraturan dan pedoman yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi dan Kementerian Agama. Jaga nama baik Kabupaten Sumedang dan bangsa Indonesia dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan moral selama di Tanah Suci,” pesannya.

Yudia juga meminta para JCH untuk memanfaatkan momen ibadah haji dengan sebaik-baiknya.

“Perbanyak doa dan amalan manasik dengan khusu dan penuh penghayatan. Semoga ibadah haji para JCH mabrur dan diterima Allah SWT,” ucapnya.

Baca Juga:  Bupati Imbau Warga Tidak Lengah terhadap Covid-19 dan Bencana Alam

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Kabupaten Sumedang, Hamzah Rukmana, menjelaskan bahwa JCH yang diberangkatkan pada kloter pertama ini merupakan bagian dari 881 JCH asal Sumedang yang tergabung dalam embarkasi Kertajati.

“Berdasarkan data dari Kementerian Agama, total JCH asal Sumedang yang telah melunasi BPIH sampai tanggal 4 April 2024 sebanyak 947 orang,” terangnya.

Ia menambahkan, 33 JCH asal Sumedang tidak diberangkatkan pada kloter pertama ini karena berbagai alasan, seperti mutasi keluar, pindah domisili, serta pendampingan dengan orang tua.

Baca Juga:  Di Duga Ganti Rugi Belum Lunas, Warga Blokir Jalan Tol Cisumdawu, DPRD Sumedang Desak CKJT, Pihak CKJT Tak Balas Telp

“Kami doakan semoga semua JCH asal Sumedang diberikan kelancaran dan keselamatan selama di tanah suci, dan kembali ke tanah air dengan predikat haji mabrur,” tuturnya.

Pelepasan jemaah haji ini merupakan momen penting bagi Kabupaten Sumedang. Mari kita doakan agar para JCH dapat menunaikan ibadah haji dengan khusyuk dan penuh makna.***

Dapatkan Update Berita, Informasi Terkini dan BreakingNews setiap hari dari JatiNetwork.Com (JNC). Mari bergabung dengan “Google.News – JNC“, caranya klik “Google News“, lalu klik mengikuti!.